Beranda » Blog » Cara Membuat Akun Google Scholar dengan Mudah

Cara Membuat Akun Google Scholar dengan Mudah

Diposting pada 13 Agustus 2022 oleh Penerbit Adab / Dilihat: 1.135 kali / Kategori: ,

Perlu anda ketahui terlebih dulu, Sebelum membahas cara membuat Akun Google Scholar.

 

Apa itu Akun Google Scholar?

Google Scholar adalah salah satu fitur aplikasi yang di bawah naungan perusahaan terbesar, yakni yang anda ketahui yaitu Google. Fitur ini menyediakan berbagai literatur ilmiah dalam bentuk jurnal maupun artikel yang sudah dipublikasi oleh penulisnya serta berasal dari berbagai disiplin ilmu. Hal ini Google Scholar tidak akan asing lagi bagi kalangan akademik, baik itu guru, dosen, mahasiswa, serta siswa.

Jadi, sudah sedikit paham kan? Mengenai Google Scholar?

 

Dengan begitu anda bisa mendaftarkan tulisan karya ilmiah anda ke Akun Google Scholar anda.

 

Berikut cara membuat Akun Google Scholar dengan mudah.

Cara membuat Akun Google Scholar pun tidak begitu sulit. Terkhusus untuk dosen dan guru, sebelumnya perlu menyiapkan beberapa hal. Pertama adalah membaca syarat dan ketentuan mendaftar akun milik Google, kemudian menyiapkan data diri anda dan juga menentukan keilmuan yang anda kuasai atau tekuni. Terakhir, tentunya menyiapkan internet yang stabil untuk menggunakan jaringan yang biasa anda andalkan.

Jika sudah, anda bisa mengikuti tahapan dalam cara mendaftar Google Scholar sebagai berikut:

  1. Menyiapkan Email Pribadi

Untuk membuat Akun Google Scholar perlu menyiapkan alamat email. Hal ini wajib dianjurkan bagi dosen dan guru untuk menggunakan alamat email pribadi dengan dominan khusus. Atau bisa dianjurkan menggunakan email yang telah disedikan dari kamus maupun sekolah.

  1. Buka Situs Google Scholar

Dalam cara mendaftar akun Google Scholar tentunya membuka situs Google Scholar itu sendiri yakni lamannya https://scholar.google.com/, kemudian klik “Profil Saya” yang terdapat pada pojok kiri atas. Sehingga bisa menjumpai halaman data diri.

  1. Mengisi Identitas Diri

Setelah  itu anda bisa mengisi data diri anda pada lima kolom yang tersedia. Yakni mencakup Nama, Afiliasi, Email, Bidang Minat, dan Halaman Beranda (oposional). Khusus Halaman Beranda (oposional) tidak wajib, sehingga bisa dilewati.

  1. Melengkapi Profil Google Scholar

Tahap akhir dalam proses pendaftaran akun adalah melengkapi profil. Secara otomatis sistem di dalam Google Scholar setelah selesai melakukan pengaturan halaman publikasi akan mengarahkan pengguna ke halaman profil.

Pada tahap ini, pengguna bisa mengunggah foto profil yang terlihat profesional karena foto ini akan dilihat oleh publik. Sekaligus mengunggah foto untuk latar belakang atau sampul foto profil.

 

Semoga berhasil!!

 

Tags: ,

Bagikan ke

Cara Membuat Akun Google Scholar dengan Mudah

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Membuat Akun Google Scholar dengan Mudah

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja