EKONOMI HALAL KONSEP DASAR, PENGEMBANGAN PRODUK INDUSTRI HALAL
Detail Produk EKONOMI HALAL KONSEP DASAR, PENGEMBANGAN PRODUK INDUSTRI HALAL
Judul :EKONOMI HALAL KONSEP DASAR, PENGEMBANGAN PRODUK INDUSTRI HALAL
Penulis : Riky Soleman, S.E.,M.E
Ukuran : 14,5 x 21 cm
Tebal : 100 Halaman
Cover : Soft Cover
SINOPSIS
Potensi ekonomi syariah di Indonesia yang besar saat ini belum di optimalkan, seperti potensi sektor industri pangan halal. Saat ini, beberapa negara telah melakukan berbagai upaya dalam memaksimalkan potensi ekonomi syariah untuk negaranya, sebagai contoh Malaysia merupakan eksportir pangan halal terbesar, begitu pula Thailand walaupun penduduk muslimnya sedikit namun termasuk salah satu negara utama pengekspor pangan halal. Di sisi lain, Indonesia hanya menjadi pasar pangan halal dunia. Industri busana muslim, pelaku pasar global pakaian muslim adalah Tiongkok, sedang Indonesia menjadi pasar. Artinya kasadaran masyarakat kita masih kurang termotivasi untuk menciptkaan peluang yang realistis kasat mata.
Industri halal yang pada mulanya lahir sebagai kebutuhan konsumen muslim akan produk pangan yang halal, kini berkembang seiring dengan berkembangnya kesadaran umat Islam akan pentingya mengaplikasikan nilai-nilai syariah dalam kehidupan yang lebih luas. Hal ini bisa kita amati dengan semakin berkembangnya ekonomi syariah, bank syariah, wisata halal beserta pirantinya. Dalam UU 33, JPH 2014 Pasal 1, disebutkan bahwa produk halal dapat mencakup barang dan atau jasa yang terkait dengan makanan, minuman, obat, kosmetik, produk kimiawi, produk biologi,produk rekaysa genetik serta barang gunaan yang dipakai, digunakan, atau dimanfaatkan oleh masyarakat. Oleh karena produk halal tidak hanya mencakup makanan dan minuman yang kita konsumsi, namun demikian hal ini merambah luas terhadap segala bahan gunaan yang memungkinkan digunakan oleh konsumen.
Sebagai upaya bahwa buku ini hadir untuk menjawab kebutuhan dasar para peneliti dan mahasiwa atau dosen agar menjadi jembatan pengetahuan yang berkepanjangan.