Beranda » Blog » SKILL YANG HARUS DIMILIKI PENULIS

SKILL YANG HARUS DIMILIKI PENULIS

Diposting pada 2 Januari 2023 oleh Penerbit Adab / Dilihat: 667 kali / Kategori:

1.      Komunikasi

Penulis harus memiliki skill komunikasi yang baik. Hal ini berlaku untuk dua jenis komunikasi.

Pertama, komunikasi tertulis dengan pembaca agar mereka dapat mengerti inti dari tulisanmu. Kedua, komunikasi sehari-hari dengan rekan satu tim.

2.      Tata Bahasa yang Baik dan Benar

Tak hanya sekedar menulis biasa, untuk menjadi penulis profesional Anda harus mengetahui penggunaan tata bahasa yang benar. Mulai dari pemakaian tanda baca seperti titik dan koma, penggunaan huruf kapital, penulisan judul, diksi, hingga pemenggalan kata. Hal ini sangat penting untuk dikuasai seorang penulis untuk membuat tulisannya menjadi lebih rapi dan mudah untuk dipahami oleh para pembaca.

3.      Riset

Penulis yang baik harus bisa melakukan riset menggunakan berbagai macam sumber yang kredibel, terutama jika tingkat kesulitan topik cukup tinggi.

4.      Creative thingking

Kamu perlu berpikir kreatif untuk mencari kata apa yang digunakan agar tulisan lebih bervariasi, tidak monoton, atau bahkan terkesan kaku. Creative thinking juga sangat diperlukan untuk mencari ide ingin menulis tentang apa, bagaimana angle dari sebuah artikel, dan masih banyak lagi.

5.      Berpikir kritis

Kamu harus mencari tahu mengenai sebuah topik secara mendalam, agar dapat menuliskannya dengan jelas dan tanpa bertele-tele.

6.      Manajemen waktu dan disiplin

Sebagai penulis, tentu ada deadline untuk mengumpulkan hasil tulisan ke editor untuk dipublikasikan. Penulis harus bisa mengatur waktu dengan baik, membuat timeline berdasarkan jadwal yang ada, dan disiplin dalam menjalankannya.

7.      Gaya Penulisan

Sebagai penulis kita harus memiliki gaya atau ciri khas kita dalam menulis. Supaya menampilkan kepribadian serta menunjukkan pengetahuan, keterampilan, atau kemampuan menulis penulis. Dengan gaya penulisan penulis dapat menyampaikan pesan-pesan tulisannya kepada pembaca agar menarik perhatian.

Bagikan ke

SKILL YANG HARUS DIMILIKI PENULIS

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

SKILL YANG HARUS DIMILIKI PENULIS

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja