Beranda » Blog » Tips Merangkum Buku dengan Cepat dan Efektif

Tips Merangkum Buku dengan Cepat dan Efektif

Diposting pada 11 November 2022 oleh Penerbit Adab / Dilihat: 376 kali / Kategori: ,

 

Merangkum buku merupakan aktivitas yang mudah bagi sebagian orang karena dianggap hanya menulis point-point penting saja dari sebuah buku. Tetapi ada juga sebagian yang menggap bahwa merangkum itu sulit karena pada faktanya, merangkum tidak sesederhana menyalin kembali isi buku versi pendek. Nah, bagi kamu yang mungkin kebingungan bagaimana merangkum buku secara cepat dan efektif, berikut beberapa tipsnya. Yuk simak, ya!

  1. Membaca Hingga Tuntas

Langkah pertama yang perlu dilakukan ketika ingin merangkum adalah membaca hingga tuntas. Membaca sangat penting karena bagaimana kita tau isi dari buku tersebut jika kita tidak membacanya terlebih dahulu.

  1. Mencari gagasan utama

Selanjutnya cari gagasan utama dari buku tersebut supaya kita mudah mencari topik utama atau inti dari buku tersebut. Mencari gagasan utama membuat kita lebih mudah memahami bacaan dari buku tersebut sehingga akan mudah untuk kita merangkumnya.

  1. Tandai dengan stabilo dan tulis point penting dengan jelas

Setalah Gagasan utama ditemukan maka tandai hal hal penting tersebut dengan stabilo agar mudah ditemukan ketika akan menulis point penting dalam buku tersebut. Jangan lupa tulis dengan jelas supaya mudah dipahami.

  1. Membuat rangkuman secara sistematis

Selanjutnya yaitu Membuat rangkuman secara sistematis. Sistematis artinya segala usaha untuk menguraikan dan merumuskan sesuatu dalam hubungan yang teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem yang berarti secara utuh, menyeluruh, terpadu, mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut obyeknya. MAka Artinya urutkan kalimat-kalimat penting sesuai dengan urutan buku yang telah dibaca dan ditandai dengan jelas dan sistematis.

  1. Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Langkah terakhir yaitu gunakan bahasa yang mudah dipahami. Hal ini sangat penting karena ketika kita akan membaca rangkuman yang kita buat kita tidak bingung, kita langsung paham dan mengerti inti dari buku tersebut.

 

Selamat Mencoba Tips Merangkum Buku Dengan Cepat dan Efektif! Semoga Bermanfaat.

Bagikan ke

Tips Merangkum Buku dengan Cepat dan Efektif

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Tips Merangkum Buku dengan Cepat dan Efektif

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja