Beranda » Blog » Cara dan Syarat Sertifikasi Dosen Yang Perlu Diketahui

Cara dan Syarat Sertifikasi Dosen Yang Perlu Diketahui

Diposting pada 8 Juni 2023 oleh Penerbit Adab / Dilihat: 438 kali / Kategori:

sertifikasi-dosen-penerbit-adabCara dan syarat sertifikasi dosen pastinya, belum terlalu diketahui oleh banyak orang. Akan tetapi, bagi dosen baru secara otomatis haruslah mengetahui pengetahuan tersebut. Pasalnya, lambat laun para dosen yang belum tersertifikasi pastinya, akan melakukan sertifikasi dosen. Maka, dari itu artikel ini akan mengulas cara dan syarat sertifikasi dosen.

Syarat Sertifikasi Dosen

Berikut dibawah ini merupakan syarat sertifikasi dosen, antara lain :

  1. Memiliki NIDN Maupun NIDK

Persyaratan sertifikasi dosen, salah satunya mencakup Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) dan Nomor Induk Dosen Kampus (NIDK). Yang mana, NIDN merupakan identitas unik yang diberikan kepada setiap dosen Indonesia oleh Ditjen Penguatan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian, NIDK adalah nomor identifikasi yang diberikan universitas kepada dosen yang bekerja di lembaga Pendidikan.

 

  1. Punya Jabatan Fungsional sebagai Asisten Ahli

Persyaratan sertifikasi untuk dosen biasanya mencakup beberapa kriteria, termasuk menjadi asisten ahli. Peran ini biasanya diberikan setelah dosen melalui proses seleksi dan evaluasi yang ketat, termasuk evaluasi kualifikasi akademik dan pengalaman mengajar.

 

Para dosen yang berprofesi sebagai technical assistant telah menunjukkan kemampuannya dalam melakukan penelitian di bidangnya, memberikan kuliah dan mendorong pengembangan ilmu pengetahuan. Hal ini menunjukkan bahwa para dosen sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memberikan pengajaran yang berkualitas kepada mahasiswa.

 

  1. Memiliki Masa Kerja Minimal 2 Tahun

Dengan masa praktik minimal dua tahun, sebelum proses sertifikasi yang dapat meliputi pengajaran, penelitian, penilaian mutu dan evaluasi maka, dosen memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan mengajar, memperdalam pengetahuan akademik dan membangun reputasi di komunitas akademik dan artikel ilmiah lainnya.

Alur atau Cara Sertifikasi Dosen

Jadi, untuk alur atau cara sertifikasi dosen yang pertama adalah adanya kualifikasi dosen. Yang mana di dalamnya termasuk dalam syarat peserta serdos. Hal tersebut tentunya, untuk mengetahui apakah dosen tersebut masuk dalam kualifikasi dosen yang terdaftar di pangkalan data pendidikan tinggi, sekurang-kurangnya S2 atau setara, memiliki NIDN, dan sebagainya.

Kedua, dilakukannya kompetensi dosen tentunya, hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kemampuan dari para dosen (baik pengetahuan, sikap dan keterampilan) yang harus mereka miliki. Pastinya, dengan segala kemampuan tersebut dosen akan mampu untuk melaksanakan dan mempertanggungjawabkan berbagai tugasnya sesuai dengan petunjuk yang telah ditetapkan.

Alur selanjutnya ialah dengan kontribusi dosen yang bertujuan untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat atau disebut kewajiban tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat).

Kemudian berlanjut pada alur Profesionalisme yang dilakukan selepas memperoleh serdos, dosen pun akan diberikan tanggung jawab yang menuju alur terakhir yakni, pada peningkatan mutu dan kualitas. Baik mutu dosen, mahasiswa yang dididik, serta kampus yang sedang dinaungi, hingga berpengaruh terhadap kemajuan ekonomi maupun IPTEK bangsa dan negara.

Nah, itu dia sedikit pembahasasn tentang beberapa cara dan syarat sertifikasi dosen. Diharapkan informasi tersebut bisa menjadi acuan terdepan bagi Anda.

Tags:

Bagikan ke

Cara dan Syarat Sertifikasi Dosen Yang Perlu Diketahui

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara dan Syarat Sertifikasi Dosen Yang Perlu Diketahui

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja