Cara Mengatasi Malas Menulis

10 Agustus 2020 - Kategori Blog

Cara Mengatasi Malas MenulisKetika seseorang malas melakukan suatu hal pasti ada sebabnya termasuk malas untuk segera menyelesaikan menulis buku. di artikel sebelumunya tentang Kenapa Penting menjadi penulis, disitu sudah dijelaskan alasan yang sangat kuat berupa kenikmatan menjadi seorang penulis dan kesengsaraan ketika tidak bisa menulis buku satupun.

Disinilah kenapa saya memberikan anda praktek pertamanya adalah menulis sebuah alasan yang sangat kuat agar apabila anda sedang malas untuk menulis buku, anda akan segera ingat dengan alasan yang kuat itu.

Sesibuk apapun anda ketika anda punya alasan yang sangat kuat pasti akan segera menyelesaikan menulis buku yang sedang anda kerjakan tersebut. Coba anda buka kembali tulisan praktek pertama anda dan baca sekali lagi kenapa anda ingin sekali menjadi penulis.

Disamping alasan yang sangat kuat, disini saya akan memberikan tips untuk anda agar tulisan anda segera selesai walaupun malas menulis sedang menerpa anda. Dan tips ini bisa anda terapkan bagi siapapun.

  1. Untuk anda yang punya kesibukan lumayan padat buat jadwal untuk menulis entah di pagi hari, siang hari saat istirahat atau dimalam hari sebelum menjelang tidur. Tulis jadwal itu dan tempel di tempat yang sering anda lihat agar anda tidak lupa dan akan terpacu untuk segera menyelesaikan tulisan anda.
  2. Anda juga bisa memanfaatkan waktu luang semisal sedang antri atau sedang menunggu sesuatu maka segera buka laptop atau buku tulis anda dan mulai menulis buku yang sedang anda garap tersebut. Ini akan mengasikan dan terhindar dari rasa jengkel atau bosan karena lama mengantri atau menunggu sesuatu tersebut.
  3. Untuk anda yang mudah bosan dalam menulis maka jangan dipaksakan tetapi kerjakan sesuatu dengan bergantian. misalnya ketika anda sedang bosan dengan menulis maka segera berhenti dan beralih untuk sesuatu yag lain misalnya membaca buku-buku yang kemaren sudah anda beli. Dari sini anda akan semangat lagi untuk menulis karena anda dapat inspirasi baru setelah membaca buku-buku referensi tersebut.
  4. Apabila anda serius untuk menyelesaikan tulisan anda dengan segera maka saran saya kurangi aktifitas anda di media sosial, mengurangi disini bukan berarti berhenti karena kalau anda berhenti dari media sosial maka akan merugikan anda sendiri tidak bisa membangun personal branding anda lagi sebagai seorang penulis. Mengurangi disini adalah apabila dalam sehari anda biasanya mengabiskan waktu sampai 5 jam untuk media sosial maka cukup 4 jam saja dan 1 jam laginya anda pergunakan untuk menulis buku anda tersbut.
  5. Tips yang terakhir adalah dengan cara mengelabuhi otak anda. Apabila sudah mengingat-ingat alasan yang sangat kuat anda tetapi masih ada rasa malas untuk menulis maka caranya adalah kelabuhi otak anda dengan cara Self Talk yaitu ngomong kediri anda sendiri tentang target menulis anda yang awalnya dua halaman menjadi setengah halaman saja.

Contoh :

“Hai otak. Karena saya lagi malas menulis, maka hari ini saya akan menulis setengah halaman saja. Kamu jangan menolak ya, Oke?”.

Kata-kata ini akan merangsang otak bawah sadar anda walaupun lagi malas menulis karena yang ditulis hanya setengah halaman maka biasanya  otak bawah sadar akan mempersilahkan tubuh dan tangan kita untuk menulis karena paling cuman sedikit saja hanya setengah halaman.

Kemudian anda segera buka laptop atau buku tulis anda dan mulai menulis. Disinilah keajaibanya, walaupun diawal-awal anda akan menulis hanya setengah halaman saja tetapi secara tidak sadar anda akan menulis lebih dari setengah halaman dan bahkan bisa sampai 2 halaman sekaligus. Silahkan dicoba saja ya. hehe

 
Chat via Whatsapp