Beranda » Artikel Terbaru » Bagusnya Saya Menulis Buku Apa?

Bagusnya Saya Menulis Buku Apa?

Diposting pada 23 Agustus 2020 oleh admin | Dilihat: 18 kali | Kategori:

bagusnya saya nulis apa penerbit adabTerkadang saya sering ditanya pertanyaan-pertanyaan yang harusnya sudah  bisa dijawab sendiri yaitu “Mas, saya bagusnya nulis buku apa ya?”

Kita sering sekali melontarkan pertanyaan seperti itu karena kita masih bingung dengan tema buku apa yang akan kita garap.

Sebenarnya untuk menulis sebuah buku tidak harus yang rumit-rumit dan membuat pusing diri kita sendiri, cukup menulis sesuai keseharian kita saja.

Mencari tema buku yang rumit-rumit biasanya tidak akan pernah selesai karena tidak ada kenyamanan dalam menulisnya.

Lalu bagaimana cara yang sesuai agar kita bisa mengetahui tema buku apa yang akan kita garap?

Dalam mencari tema untuk menulis buku sebaiknya diambil dari 4 kriteria ini yaitu :

1. Bidang kompetensi / Kemampuan Anda

Ketika anda punya kompetensi atau kemampuan sesuatu yang tidak semua orang bisa maka ini peluang yang bisa anda kembangkan menjadi buku. Contohnya apabila anda punya kemampuan catur maka anda bisa menulis tentang teknik bermain catur. Apabila anda punya kemampuan melukis maka kemampuan itu bisa anda tuangkan menjadi sebuah buku cara melukis dengan cepat dan bagus. Selanjutnya silahkan anda pikirkan dan buat list kemampuan apa saja yang anda miliki.

2. Tentang Bisnis / Pekerjaan Anda

Anda bisa juga menulis buku tentang bisnis atau pekerjaan yang sekarang anda geluti, tentunya anda sudah paham seluk beluk, suka dan dukanya serta tips dan trik sehingga bisnis atau pekerjaan anda bisa bertahan sampai sekarang.

Nah uraian bisnis atau pekerjaan diatas bisa anda kembangkan menjadi sebuah buku. Dan ini menurut saya akan menjadi mudah dalam menulis naskah buku nantinya karena bisnis atau pekerjaan anda sudah menjadi makanan setiap hari.

Sebagai contoh apabila anda punya bisnis jualan bakso maka dari situ bisa dikembangkan menjadi sebuah buku, entah itu menulis buku tentang “cara membuat bakso yang super enak” atau bisa juga buku  tentang “cara mengelola bisnis bakso yang menguntungkan”

3. Hobi Anda

Apabila anda punya hobi suatu hal maka bisa dikembangan menjadi sebuah buku tentang hobi anda tersebut yang kemudian bisa anda jual kepada orang-orang yang menyukai hobi yang sama dengan anda.

Sebagai contoh anda suka hobi memancing maka anda bisa membuat buku tentang “Mancing yang menghasilkan”, “Mancing is Fun” dan lain-lain.

Ada sebuah pepatah mengatakan dari hobi bisa menjadi hoki, kata-kata ini sangat benar kalau kita jeli akan hal itu. Ketika seseorang hobi pada suatu hal maka biasanya mereka akan rela mengeluarkan uangnya untuk menyalurkan hobinya tersebut. Nah disinilah peluang kita untuk menjual buku-buku tersebut kepada mereka.

4. Pengalaman

Banyak buku-buku yang ditulis berdasarkan pengalaman sipenulis itu sendiri. Mereka menulis buku-buku tersebut sangat mudah karena yang mereka tulis itu berdasarkan pengalaman mereka sendiri.

Nah disinilah peluang anda apabila anda punya pengalaman yang unik atau menarik segera untuk menulis buku tentang pengalaman yang unik atau menarik tersebut, karena orang-orang perlu mengetahui pengalaman itu untuk sebagai panduan dalam melakukan suatu hal.

Sebagai contoh anda punya pengalaman naik gunung maka pengalaman naik gunung itulah bisa anda tulis menjadi sebuah buku. Bisa berupa tips dan trik naik gunung, persiapan naik gunung sampai menulis keindahan-keindahan yang ada di gunung tersebut.

Bagikan

Bagusnya Saya Menulis Buku Apa? | Penerbit Adab

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Info Perusahaan

  • Alamat : Jl. Kristal Blok F6 Pabean Udik Indramayu Jawa Barat
  • Telp/WA : 081221151025
  • E-mail : Penerbitadab@gmail.com

Paket Penerbitan

Chat via Whatsapp
Nurul
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja