Beranda » Blog » Cara Membedakan Buku Asli dan Bajakan

Cara Membedakan Buku Asli dan Bajakan

Diposting pada 27 September 2022 oleh Penerbit Adab / Dilihat: 378 kali / Kategori: ,

 

Berbicara tentang buku bajakan yang banyak dijual dipedang pasaran memang memprihatinkan bagi pihak penerbit dan penulis. Karena penulis tidak mendapatkan royalty dari hasil penjualan, pihak penerbit juga akan dirugikan. Penyebab buku bajakan laris manis dikarenakan pembeli tidak tahu membedakan mana buku yang asli, dan mana buku yang bajakan atau palsu. Adapun pembeli yang sudah tahu itu termasuk buku bajakan tetapi masih tetap memilih membeli buku tersebut karena beberapa alasan, salah satu alsannya harga jauh lebih murah.

Nah, untuk kamu yang belum tahu cara membedakan buku asli dan bajakan mari kita baca dan simak dengan baik.
1. Harga buku yang tidak wajar
Biasanya harga buku bajakan jauh lebih murah daripada buku original. Hal ini dikarenakan kualitas buku bajakan jauh lebih rendah daripada buku original.

2. Kualitas jilid yang kurang baik
Buku bajakan cenderung memiliki kualitas jilid yang tidak baik. Hal ini dikarenakan bahan jilid serta lem yang digunakan kualitasnya rendah. Sehingga bukunya rentan terhadap kerusakan.

3. Kualitas kertas
Buku original biasanya menggunakan kertas dengan bahan yang lebih baik daripada buku bajakan. Tidak sedikit buku bajakan dicetak dengan menggunakan bahan kertas koran/buram, kertas bookpaper dengan tekstur yang kasar.

4. Tingkat keterbacaan teks
Salah satu yang paling menonjol pada buku bajakan yaitu tingkat keterbacaan teks atau tulisan biasanya tidak terlalu jelas, serta tinta pada tulisan yang terlihat pudar.

5. Layout tulisan yang tidak rapi
Pada sebuah buku bajakan terlihat layout tulisannya tidak rapi atau berantakan, dikarenakan paragrafnya miring ke kanan atau ada beberapa kalimatnya yang terpotong.

Nah, itulah beberapa cara untuk membedakan antara buku original dan bajakan. Semoga ke depannya kita dapat lebih teliti dan jeli ketika membeli buku!

Tags: , ,

Bagikan ke

Cara Membedakan Buku Asli dan Bajakan

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Membedakan Buku Asli dan Bajakan

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja