Beranda » Blog » 10 Ciri Guru Hebat!

10 Ciri Guru Hebat!

Diposting pada 9 Juli 2022 oleh Penerbit Adab / Dilihat: 1.207 kali / Kategori:

Halo Sahabat Adab di manapun kalian berada.

Taukah kamu? Bahwa seorang guru mempunyai beberapa strategi untuk menjadi pendidik yang hebat menurut versinya sendiri, seorang guru yang hebat dalam pengabdiannya berupaya untuk mencerdaskan anak-anak bangsa, selain itu guru hebat juga dapat membuat peserta didiknya keluar dari zona nyaman agar tidak mononton dalam hal segala situsianya.
Untuk itu 10 CIRI GURU HEBAT meliputi:

1. Sabar
Seorang guru, sabar merupakan hal yang biasa pada semua profesi sebagai guru, untuk itu sabar merupakan hal yang sepenuhnya dihadapi untuk mengajarkan kepada muridnya, dikarenakan banyak menghadapi karakteristik siswa. Baik dari peserta didik yang tidak disiplin, malas, bahkan cenderung mengganggu aktivitas peserta didik lainnya, yang akhirnya bisa berdampak buruk bagi kegiatan belajar mengajar. Namun tentunya seorang guru harus benar-benar sabar menghadapi berbagai karakteristik peserta didiknya.

2. Rendah Hati
Rendah hati termasuk dalam sikap yang terpuji, karena orang yang rendah hati tidak menyombongkan diri dihadapan manusia lain. Biarpun seseorang guru itu tahu bahwa dirinya memiliki kelebihan dan kemampuan, namun sangat menyadari bahwa semua kelebihan tersebut adalah karunia dari Allah yang bisa sekejab saja hilang jika Allah SWT berkehendak. Maka dari itu seorang guru juga harus rendah hati agar bisa menjadi teladan yang baik bagi peserta didiknya.

3. Pembaca Banyak Buku
Berbekal dari buku yang sudah banyak dibaca oleh seorang guru, merupakan langkah awal untuk menarik peserta didik dalam proses belajar mengajarnya. Hal ini bisa dikatakan bahwa membaca banyak buku dapat menambah wawasan dan pengetahuan, oleh karenanya seorang guru merupakan jembatan bagi peserta didiknya untuk membantu membuka jalan pikiran agar mengenal dunia lain.

4. Cenderung Menyendiri, Tetapi Tetap Bergaul
Pendidik mempunyai sifat yang cenderung menyendiri, tetapi tetap mudah bergaul ini artinya guru masih memiliki kepribadian yang tetap ada dalam dirinya sendiri, oleh karenanya guru juga harus harus tetap mudah bergaul agar bisa menyeimbangkan dalam hidup yang merasa terus tersorot oleh peserta didik.

5. Tidak Terpancing untuk Bedebat
Seorang guru harus netral terhadap peserta didiknya, dalam proses belajar mengajar guru mampu akan menunjukkan kepedulian dan tanggung jawab dalam proses belajar mengajar. Karena itu seorang guru bisa menyikapi tujuan untuk mengacu pada pendidikan secara utuh.

6. Membuat Orang Berpikir
Guru hendaknya memahami tahapan proses keterampilan, salah satunya proses keterampilan bertanya sehingga dapat mempengaruhi peserta didiknya. Karena hal itu berdampak baik untuk peserta didik yang mana dapat membangkitkan rasa ingin tahu dalam berbagai hal.

7. Menghargau Pendapat Orang Lain
Banyak guru yang tidak menyadari bahwa menghargai pendapat orang lain itu dimulai dari situasi pembelajaran, Menghargai pendapat orang lain dimulai dari mendengarkan atau memperhatikan atau menganalisa apa yang sedang dijelaskan. Seorang guru juga harus bisa menghargai peserta didiknya, dengan cara mendengarkan adalah pekerjaan yang jauh lebih berat dibandingkan berbicara. Pendengar yang baik berusaha menangkap ide-ide yang dilontarkan oleh pembicara sehingga pada gilirannya ia dapat menanggapi pembicara tadi. Oleh karena itu bukan berarti bahwa dengan menghargai pendapat orang lain, dan peserta didik juga tidak hanya menjadi pendengar saja, tetapi yang paling penting peserta didik diminta untuk menangkap ide-ide yang dilontarkan oleh pembicara dan kemudian dapat menanggapinya.

8. Berharap Ada yang Lebih Pintar
Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar, apakah anda pernah berpikir dan menganggap anak-anak lebih pintar dari saya, mereka hanya pura-pura delongap-delongap saja! Karena hal ini sangatlah mudah untuk bisa menikmati fasilitas dan sarana, termasuk internet, jelas membuat mereka berbeda pada murid zaman dulu.
Buat seorang pengajar, tentulah itu cara guru memandang anak-anak itu, sebagai calon bibit unggul yang akan dan seharusnya tumbuh menjadi orang yang jauh lebih hebat, pandai dan cerdas dari pengajarnya. Hal itu juga yang selalu mendorong seorang untuk terus memperkaya diri dengan berbagai ilmu (belajar lagi dan lagi, terus dan terus), bukan untuk menyaingi mereka, tapi untuk mengimbangi kebutuhan mereka akan ilmu dan informasi, terlebih zaman sekarang. Pintar tidak melulu tentang akademis keilmuan, bisa tentang hal lainnya. Mengahargai kepandaian dan kepintaran mereka, sesuai kapasitas dan siapa mereka, adalah penting bagi seorang guru yang hebat.

9. Pembagi Praktik yang Baik
Bagaimana membagi praktik yang baik untuk peserta didiknya, Tugas utama guru seharusnya adalah menggali, menemukan, dan mengasah bakat dan kemampuan terbaik siswa. Oleh karenanya dalam konteks ini guru mampu menerapkan praktik yang baik bagi peserta didiknya dengan melihat situasi dan kondisinya.

10. Pengambil Inisiatif
Mengubah pola pada saat pembelajaran merupakan sebuah inisiatif pendidik terhadap peserta didiknya. Oleh karena itu guru harus memiliki inisiatif apapun dalam menciptakan kondisi pembelajaran yang menarik, agar peserta didik tidak akan merasa bosan pada saat pembelajaran dimulai.

Dari 10 ciri guru hebat di atas, sudahkah sahabat Adab memenuhi ciri tersebut?

Tags:

Bagikan ke

10 Ciri Guru Hebat!

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

10 Ciri Guru Hebat!

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja