Beranda » Ilmu Lingkungan » FUNGI Ganoderma lucidum SEBAGAI PAKAN FUNGSIONAL (FUNCTIONAL FEED)
click image to preview activate zoom

FUNGI Ganoderma lucidum SEBAGAI PAKAN FUNGSIONAL (FUNCTIONAL FEED)

Rp 270.000
Stok Pre Order
KategoriIlmu Lingkungan
Tentukan pilihan yang tersedia!
PRE ORDER
Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai pemesanan produk ini.
Bagikan ke

FUNGI Ganoderma lucidum SEBAGAI PAKAN FUNGSIONAL (FUNCTIONAL FEED)

Judul               : FUNGI Ganoderma lucidum SEBAGAI PAKAN FUNGSIONAL (FUNCTIONAL FEED)

Penulis            : Prof. Dr. Ir. FAUZIA AGUSTIN, MS

Editor              : Dr. Roni Pazla, S.Pt, MP.

Ukuran            : 15,5 x 23cm

Tebal               : 190 Halaman

Cover              : Soft Cover

Sinopsis

Pakan fungsional yaitu bahan pakan (micro ingredients) yang terkandung dalam bahan pakan) yang mempunyai fungsi spesifik, sehingga dapat memberikan solusi untuk mengatasi problem pada ternak misalnya memberikan manfaat kesehatan (pharmaceutical effect) dan manfaat terhadap lingkungan, selain fungsinya sebagai sumber pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk ternak

Produksi ternak merupakan fungsi dari ketersedian dan kualitas pakan. Tulisan ini mengkaji prospek dan perspektif pemanfaatan teknologi atau bioteknologi di bidang nutrisi untuk meningkatkan produksi ternak ruminansia, khususnya ternak sapi. Ternak sapi merupakan sumber protein bagi manusia yang berkualitas tinggi, yaitu berupa daging dan susu. Ternak sapi mampu mengubah karbohidrat berserat melalui proses pencernaan secara fermentatif, menjadi nutrisi yang dapat digunakan untuk pertumbuhan, pembentukan daging dan sintesis susu dengan sasaran produk ternak yang dihasilkan aman dan sehat untuk dikonsumsi manusia.

Fungi Ganoderma merupakan salah satu fungi pelapuk putih yang keberadaannya  dapat memberikan manfaat.  Sisi positif dari fungi Ganoderma lucidum adalah di bidang kedokteran dan farmasi serta di bidang peternakan. Manfaat fungi G. lucidum di bidang kedokteran dan farmasi telah banyak diungkapkan oleh banyak peneliti terutama peranannya untuk kesehatan manuasia, diantaranya adalah manfaatnya sebagai antioksidan, anticancer, anti-inflammatory, sebagai anti. Banyaknya manfaat yang diberikan oleh fungi Ganoderma lucidum ini, adalah karena adannya beberapa senyawa aktif yang dikandungnya antara lain: triterpenoid, polisakarida, peptida, steroid, enzim. Aplikasi penggunaan fungi Ganoderma lucidum di bidang peternakan juga karena miselum dan tubuh Ganoderma lucidum dapat menginkorporasi mineral dalam bentuk anorganik ke dalam selselnya sehingga bioavailabilitas mineral meningkat. Zat makanan selain karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin yang dibutuhkan oleh ternak ruminansia khususnya ternak sapi adalah mineral. Mineral, baik dalam bentuk makro ataupun mikro mineral dapat diperoleh dari pakan yang dikonsumsi ternak sapi, tetapi mineral yang terdapat di dalam makanan atau bahan pakan tidak seluruhnya dapat diserap oleh tubuh sehingga dibutuhkan suplemen mineral dan suplemen mineral ini bisa dihasilkan dengan memanfaatkan fungi Ganoderma lucidum. Fungi Ganoderma lucidum bisa dimanfaatkan sebagai carrier untuk mensintesis mineral organik. Mineral dalam bentuk organik lebih mudah tersedia bagi ternak. Hampir semua mineral ditemukan dalam jaringan ternak dan mempunyai fungsi yang sangat penting dalam proses metabolisme. Fungsi mineral tersebut bisa berjalan dengan baik jika tersedia cukup sesuai dengan standar kebutuhannya dan mudah diserap.

Manfaat penting lainnya dari fungi Ganoderma lucidum adalah kemampuannya untuk menghasilkan senyawa aktif yang berperan meningkatkan sistim kekebalan tubuh ternak sapi, menurunkan jumlah sel-sel somatis pada air susu sapi perah yang menderita mastitis sub klinis sehingga air susu yang dihasilkan oleh sapi perah aman untuk dikonsumsi oleh manusia. Jadi senyawa aktif yang dikandung oleh Ganoderma lucidum berperan sebagai anti radang / anti inflammotory pada sapi yang mengalami mastitis sub klinis.  Ganoderma lucidum termasuk jamur pelapuk putih yang dapat menghasilkan enzim pendegradasi lignin seperti laccase, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pakan berkadar lignin tinggi yang merupakan pembatas penggunaan pakan ternak sumber serat.

FUNGI Ganoderma lucidum SEBAGAI PAKAN FUNGSIONAL (FUNCTIONAL FEED)

Berat300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 501 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja