Beranda » Blog » KIAT MEMBUAT KELAS DARING LEBIH HIDUP

KIAT MEMBUAT KELAS DARING LEBIH HIDUP

Diposting pada 16 Juli 2022 oleh Penerbit Adab / Dilihat: 689 kali / Kategori:

Situasi pandemi ini menjadi tantangan seorang pendidik untuk bisa memberikan sebuah gambaran/materi yang perlu diajarkan kepada peserta didiknya, oleh karenanya gambaran atas kelangsungan dunia pendidikan di masa pandemi atau masa depan yang akan datang bisa terlaksanakan dengan bantuan teknologi, namun teknologi bukan transmisi pengetahuan saja, tetapi juga bisa membuat pembelajaran bisa tersampaikan kepada peserta didiknya. Oleh karena hal ini ada beberapa kiat yag membantu kelas daring akan lebih hidup.

  1. Membuka dengan fakta/fiksi unik

Dengan memulainya pembelajaran, point ini tentunya akan memberikan umpan pada peserta didik untuk mengetahui fakta-fakta yang terkait dengan materi yang akan diajarkannya.

  1. Menceritakan pengalaman sehari-hari

Sebelum melakukan pembelajaran, ada baiknya menceritakan pengalaman sehari-hari, untuk memberikan simulasi antara keterkaitan pembelajaran yang akan disampaikan untuk peserta didiknya.

  1. Menampilkan konten visual yang menarik

Penampilan konten visual yang menarik akan meberikan umpan peserta didik agar terus menyimak pembelajaran pada saat berlangsung, dengan begitu konten visual yang menarik bisa dengan cara menggunakan video pada saat pembelajaran.

  1. Menggunakan video yang menarik

Dalam pembelajaran kelas daring tentunya akan sedikit bosan jika cara penyampaian metode pembelajarannya terus dengan metode ceramah, hal ini pembelajaran dengan menggunakan video pada saat kelas daring bisa memancing peserta didik untuk terus memperhatikan materi yang akan dijelaskan oleh pendidiknya.

  1. Meminta pendapat dan jawaban peserta didik

Biasanya setelah menyampaikan materi ada baiknya meminta pendapat dan jawaban peserta didik untuk mengungkapkan materi apa yang sudah tersampikan pada saat pembelajaran dimulai. Hal ini bisa membuat kelas daring lebih hidup.

  1. Memberikan tantangan

Dalam pembelajaran kelas daring juga bisa memberikan tantang secara daring, tantangannya itu bisa dilakukan dengan media yang ada disekitar peserta didiknya, mulai dari tantangan yang mudah, yaitu bisa dengan cara melakukan/memberikan soal serta pendapat dari seorang pendidik.

  1. Memberikan humor

Disela-sela proses pembelajaran sedang berlangsung pendidik bisa saja memberikan humor agar tidak begitu bosan dalam pembelajaran kelas daring.

  1. Pelibatan peserta didik dengan interaktif

Pelibatan peserta didik bisa dilakukan antara peserta didik lainnya ataupun peserta didik dengan pendidiknya. Hal ini biasanya bisa dilakukan setelah proses pemberian materi atau pemberian tugas kepada peserta didik.

  1. Menjelaskan manfaat pelajaran untuk peserta didik

Menjelaskan manfaat pembelajaran yang sudah dilakukan pada proses pembelajaran yang sudah berlangsung bisa dilakukan dengan menyimpulkan atas materi yang sudah disampikan kepada peserta didiknya.

  1. Memberikan games kontekstual

Memeberikan games ini bisa dilakukan untuk merefleksikan otak peserta didik. Agar pembelajaran kelas daring selanjutnya tidak mudah mengeluh.

 

Itulah kiat membuat kelas daring lebih hidup. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Tags:

Bagikan ke

KIAT MEMBUAT KELAS DARING LEBIH HIDUP

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

KIAT MEMBUAT KELAS DARING LEBIH HIDUP

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja