Beranda » Blog » Cara Mengatasi Malas Belajar

Cara Mengatasi Malas Belajar

Diposting pada 15 Oktober 2022 oleh Penerbit Adab / Dilihat: 482 kali / Kategori: ,

Cara Mengatasi Malas Belajar

Malas belajar memang pernah dialami setiap orang,  apa lagi kalangan pelajar. Anggapan ini bahwa belajar merupakan aktivitas yang monoton dan terkesan sangat membosankan. Nah supaya menghindari hal yang seperti itu ada berbagai cara supaya tidak malas untuk belajar yaitu dengan mengubah kegiatan belajarnya menjadi asik serta menyenangkan.

Apa saja caranya? Mari kita simak!

  1. Pilih metode belajar yang cepat dipahami

Metode belajar merupakan cara atau keunikan Anda dalam belajar sehingga mudah cepat dipahami oleh otak. Setiap orang pasti memiliki keunikan tersendiri dalam belajar yang nyaman.

 

  1. Fasilitas yang memadai

Memfasilitasi dengan beberapa kebutuhan Anda merupakan Hal yang bisa meningkatkan fokus dalam belajar.

Contoh fasilitas tersebut adalah menyiapkan beberapa cemilan, atau minuman yang membuat menambah mood Anda dalam belajar.

Fasilitas belajar lainnyapun adalah menyediakan meja dan kursi belajar, karena posisi tubuh akan menjadi baik jika kita duduk dengan benar. Tentunya anda bisa juga menambah fasilitas musik saat belajar.

 

  1. Motivasi diri sendiri

Perlu kita pahami bahwa motivasi terbesar seseorang adalah dirinya sendiri. Semakin tau tujuan dan manfaat belajar, maka semakin tinggi motivasi dirinya dalam kesuksesan belajar. Hal ini juga tergantung kemauan dan kedisiplinan diri  masing-masing, dan yang paling penting yang harus di perhatikan adalah kesadaran diri sendiri bahwa pentingnya belajar itu untuk bekal menghadapi ujian yang akan ditempuh.

 

  1. Lingkungan yang baik

Lingkungan yang mendukung dan suasana yang baik akan membuat nyaman dalam belajar. Oleh sebab itu, ruang belajar yang rapih dan tertata baik akan menghasilkan suasana yang nyaman dalam belajar.

Begitupun di dalam kamar, jika kamar mempunyai rmeja belajar, akan mendukung suasana dalam belajar lebih nyaman, dibandingkan belajar di atas kasur yang membuat rasa kantuk seketika timbul dan akan mendatangkan rasa malas untuk belajar. Serta lebih mendukung untuk menghiasinya dengan berbagai cara yang unik atau yang Anda suka. Misalkan dengan meletakan foto atau poster idola kalian dengan hal akan membuat bersemangat dalam belajar.

 

  1. Membentuk kelompok belajar

Kelompok belajar merupakan forum untuk saling share and care satu sama lain. Sehingga hasil belajar selama diskusi itu akan terbagi sama rata. Cara ini dianjurkan bagi kamu yang sangat susah untuk belajar dan tidak mau belajar.

 

Tags:

Bagikan ke

Cara Mengatasi Malas Belajar

Saat ini belum tersedia komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Cara Mengatasi Malas Belajar

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja