Beranda » EKONOMI » SOSIOLOGI EKONOMI Bertahan Hidup Pekerja Belo dalam Upaya Pertahanan Moral Ekonomi
click image to preview activate zoom

SOSIOLOGI EKONOMI Bertahan Hidup Pekerja Belo dalam Upaya Pertahanan Moral Ekonomi

Rp 192.000
Stok Tersedia
KategoriEKONOMI
Tentukan pilihan yang tersedia!
Bagikan ke

SOSIOLOGI EKONOMI Bertahan Hidup Pekerja Belo dalam Upaya Pertahanan Moral Ekonomi

Judul                :  SOSIOLOGI EKONOMI Bertahan Hidup Pekerja Belo dalam Upaya Pertahanan Moral Ekonomi

Penulis             :  HENGKI PURNOMO

Ukuran            : 14,5 x 21 cm

Tebal               :  244  Halaman

Cover              : Soft Cover

 

Sinopsi Buku

Moral ekonomi yang penting dipahami adalah satu pirinsip moral “security of life” alias keamanan hidup yang dijalankan pekerja belo. Tujuannya adalah memahami upaya bertahan hidup pekerja belo dalam terbatasnya pendapatan dan jaringan sosial bagian pembentukan prinsip moral dalam pengamanan hidup dan pengembangan ekonomi masyarakat. Pemerintah Kota menganjurkan masyarakatnya berkembang dalam hal usaha, salah satunya usaha keripik sanjai.

Pemerintah mengklaim usaha ini mampu memberikan pemasukan masyarakat, terutama bagi pekerja yang ada di tungku-tungku belo, tapi perkembangan hidup pekerja seakan berjalan ditempat. Lambatnya perkembangan ekonomi dikarenakan modal yang kurang serta pengamanan hidup yang pasti belum terpikirkan pemerintah untuk pekerja belo sampai saat ini. Akibatnya pekerja akan melakukan kegiatan ekonomi apapun yang terpenting hidupnya aman dari goncangan ekonomi. Oleh karena itu, mereka berusaha mencari alternatif pekerjaan, namun selalu berada dalam kegagalan. Salah satu jalan yang dianggap ampuh adalah dengan tetap menjadi pekerja belo, dengan tetap menjaga hubungan baik dengan pemilik usaha keripik sanjai dan membina hubungan baik pada setiap tetangga serta saudara, maka mereka akan mampu tetap hidup karena didasari hidup kebersamaan. Namun, mereka juga tidak sepenuhnya berada pada ranah saling membahu disaat berada dalam kekurangan pendapatan.

Mereka akan memikirkan kembali setiap perbuatan yang diberikan pada orang lain, apakah akan berdampak positif atau tidak, jika tidak maka mereka tidak akan mengambil resiko dalam menjalankan setiap kegiatan,  sekalipun itu adalah saudara sediri.

Sehingga hasil ini akan terlihat pekerja belo memang masih berada pada ranah kerjasama dan saling membantu, namun tidak sepenuhnya berada dalam hubungan yang seimbang, bahwa mereka juga akan memikirkan manfaat balik dalam setiap resiko yang akan diambil, seperti menjadi pekerja belo hampir tidak melalui pengeluaran besar dari pada berdagang. Kerjasama yang terbina dilakukan juga tidak terbentuk seketika, tapi dari sebab dan akibat hubungan sosial sebelumnya

SOSIOLOGI EKONOMI Bertahan Hidup Pekerja Belo dalam Upaya Pertahanan Moral Ekonomi

Berat300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 421 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja