Beranda » Pendidikan » PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER MEDIATED INSTRUCTION AND INTERVENTION TIPE CLASS WIDE PEER TUTORING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR
click image to preview activate zoom

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER MEDIATED INSTRUCTION AND INTERVENTION TIPE CLASS WIDE PEER TUTORING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR

Rp 75.000
Stok Pre Order
KategoriPendidikan
Tentukan pilihan yang tersedia!
PRE ORDER
Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai pemesanan produk ini.
Bagikan ke

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER MEDIATED INSTRUCTION AND INTERVENTION TIPE CLASS WIDE PEER TUTORING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR

Judul       :

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER MEDIATED INSTRUCTION AND INTERVENTION TIPE CLASS WIDE PEER TUTORING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR

Penulis   :

ARPIN

Ukuran   : 14,5 x 21

Tebal       : 160 Halaman

Cover      : Soft Cover

 

SINOPSIS

Buku ini membahas pengaruh model pembelajaran Peer Mediated Instruction and Intervention (PMII) tipe Class Wide Peer Tutoring (CWPT) terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Hang Tuah Makassar. CWPT adalah strategi pembelajaran yang dikembangkan oleh Juniper Gardens Children’s Project, University of Kansas, yang mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar dengan cara mengajarkan materi kepada teman sekelas. Berdasarkan konsep Confucius yang dikembangkan oleh Silberman, belajar melalui pengajaran kepada orang lain dipercaya akan memperdalam pemahaman siswa terhadap materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak strategi pembelajaran ini terhadap dua aspek penting dalam pendidikan, yaitu keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa.

Penelitian yang dilakukan menggunakan desain quasi eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group, dan sampel yang diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran PMII tipe CWPT memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa, dengan nilai signifikansi berturut-turut 0,002 untuk keterampilan metakognisi dan 0,031 untuk hasil belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa serta hasil akademik mereka, yang menunjukkan pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pengajaran dan pembelajaran.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER MEDIATED INSTRUCTION AND INTERVENTION TIPE CLASS WIDE PEER TUTORING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR

Berat300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 115 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja