PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER MEDIATED INSTRUCTION AND INTERVENTION TIPE CLASS WIDE PEER TUTORING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR
Rp 75.000Stok | Pre Order |
Kategori | Pendidikan |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER MEDIATED INSTRUCTION AND INTERVENTION TIPE CLASS WIDE PEER TUTORING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR
Judul :
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER MEDIATED INSTRUCTION AND INTERVENTION TIPE CLASS WIDE PEER TUTORING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR
Penulis :
ARPIN
Ukuran : 14,5 x 21
Tebal : 160 Halaman
Cover : Soft Cover
SINOPSIS
Buku ini membahas pengaruh model pembelajaran Peer Mediated Instruction and Intervention (PMII) tipe Class Wide Peer Tutoring (CWPT) terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Hang Tuah Makassar. CWPT adalah strategi pembelajaran yang dikembangkan oleh Juniper Gardens Children’s Project, University of Kansas, yang mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar dengan cara mengajarkan materi kepada teman sekelas. Berdasarkan konsep Confucius yang dikembangkan oleh Silberman, belajar melalui pengajaran kepada orang lain dipercaya akan memperdalam pemahaman siswa terhadap materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak strategi pembelajaran ini terhadap dua aspek penting dalam pendidikan, yaitu keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa.
Penelitian yang dilakukan menggunakan desain quasi eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group, dan sampel yang diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran PMII tipe CWPT memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa, dengan nilai signifikansi berturut-turut 0,002 untuk keterampilan metakognisi dan 0,031 untuk hasil belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa serta hasil akademik mereka, yang menunjukkan pentingnya penerapan strategi pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pengajaran dan pembelajaran.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEER MEDIATED INSTRUCTION AND INTERVENTION TIPE CLASS WIDE PEER TUTORING TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR
Berat | 300 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 115 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
Judul : ILMU PENDIDIKAN ISLAM Pendekatan Teoritis dan Praktis Penulis : MUHAMAD RIZKA SAOMI, M.Pd.I Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 150 Halaman Cover : Soft Cover SINOPSIS Pada dasarnya Ilmu Pendidikan Islam membahas berbagai komponen pendidikan, antara lain meliputi: konsep pendidikan, tujuan pendidikan, pendidik, peserta didik, kurikulum, evaluasi,… selengkapnya
Rp 70.000Judul : FILSAFAT ILMU DAN DASAR-DASAR LOGIKA Penulis : Frenky Mubarok, dan Nurullah Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 160 Halaman Cover : Soft Cover Sinopsis Kisah tentang ilmu adalah kisah kesuksesan melawan kebodohan. Bagi mereka yang telah mendapatkan ilmu maka diharapkan akan… selengkapnya
Rp 155.000Judul : Sosiologi Pendidikan Penulis : Dr. Hj. Adawiyah Pettalongi, M.Pd. Ukuran : 15,5 x 23cm Tebal : 163 Halaman Cover : Soft Cover Sinopsis Buku ini berjudul “Sosiologi Pendidikan” yang hadir kehadapan para pembaca merupakan sumbangan pemikiran penulis untuk bidang Sosiologi Pendidikan. Buku ini terdiri dari sebelas BAB. Adapun… selengkapnya
Rp 77.000Judul : PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MENGENAI MASA PANDEMI DENGAN MODEL PROJEK BASED LEARNING (PjBL) MENGGUNAKAN MEDIA WATTPAD PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 SMAN 84 JAKARTA Penulis : Dra. Hj. Andi Maryam, M.Pd. Ukuran : 17,5 x 25 (B5) Tebal : 195 Halaman Cover : Soft Cover SINOPSIS Buku ini memuat Hasil… selengkapnya
Rp 143.500Judul : Panduan Lengkap Analisis Bibliometrik dengan VOSviewer: Memahami Perkembangan dan Tren Penelitian di Era Digital Penulis : Ilham Muhammad, S.Pd., dan Fadli Agus Triansyah, S.Pd Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 170 Halaman Cover : Soft Cover SINOPSIS Buku ini berjudul “Panduan… selengkapnya
Rp 96.000Judul : MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ADAB Penulis : Niswatin Khoiriyah Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 140 Halaman No ISBN : 978-623-6233-91-7 SINOPSIS BUKU Buku ini membahas tentang Manajemen Kurikulum Pendidikan Adab. Buku ini penulis kontribusikan untuk dunia Pendidikan di Indonesia… selengkapnya
Rp 70.000Judul : PENDIDIKAN PANCASILA Penulis : KBP (Purn.) Dr. H. Yusuf Setyadi, SH., SStMk, MM, M. Hum & Dr. Abdul Aziz, M. Ag Ukuran : 15,5 x 23 cm Cover : Soft Cover SINOPSIS Indonesia adalah negara terbesar di kawasan Asia Tenggara, dan terbesar nomor tiga di kawasan… selengkapnya
Rp 105.000Judul : PBL: Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) Berbantuan Media Gambar dalam Pembelajaran IPS SMP Penulis : Sri Rumini, S.Pd. Ukuran : 14,5 cm x 21 cm Tebal : 122 Halaman ISBN : 978-623-97435-0-1 blurb : Buku ini disusun berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas berjudul “Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS… selengkapnya
Rp 70.000Judul :IN HAUSE TRAINING MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DALAM PEMANFAATAN AKUN BELAJAR Penulis : ARIK SULISTYORINI, S.Pd Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 70 Halaman Cover : Soft Cover SINOPSIS Kecepatan kemajuan teknologi informasi menuntut hadirnya para pendidik yang dapat secara cerdas, kreatif, cermat, dan bijaksana di… selengkapnya
Rp 70.000Judul : Kumpulan KTI Inovatif Siswa SMA Nurul Fikri Boarding School Lembang Penulis : Vina Lusiana, M. Si., Muhtarudin. M. Pd., Sofi Syamilatul Fahmi, M. Si. P., dan Syifa Rahma Tsania, S. Psi. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 150 Halaman Cover : Soft Cover SINOPSIS Kumpulan karya tulis inovatif… selengkapnya
Rp 75.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.