PANDEMI COVID 19 DAN DIGITALISASI UMKM
Rp 171.000Stok | Tersedia |
Kategori | Ekonomi |
PANDEMI COVID 19 DAN DIGITALISASI UMKM
Judul : PANDEMI COVID 19 DAN DIGITALISASI UMKM
Penulis :Dr.Rosnaini Daga,.SE,.MM,.CPHCM
Ukuran : 15,5 x 23 cm
Tebal : 192 Halaman
Cover : Soft Cover
SINOPSIS
Dalam buku ini yang berjudul Pandemi Covid19 dan Digitalisasi UMKM, Selama masa pandemi Covid-19 berlangsung (awal 2020 sampai pertengahan 2022), dunia virtual menjadi jauh lebih sibuk dan ramai dari sebelumnya. Hal ini terjadi karena semakin banyak masyarakat beralih menggunakan gadget dan komputer sebagai alat penyambung hidup demi menggantikan berbagai aktivitas secara langsung. Perubahan pada masyarakat tersebut memberikan dampak pada perkembangan perekonomian dengan mempercepat transformasi secara digital. dari bebera hasil riset (BPS, Bappenas, dan World Bank) menunjukkan bahwa pandemi ini menyebabkan banyak UMKM kesulitan melunasi pinjaman serta membayar tagihan listrik, gas, dan gaji karyawan. Beberapa diantaranya sampai harus melakukan PHK .
Digitalisasi UMKM ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh UMKM pada masa Pandemi.19 agar UMKM tetap bisa eksisdalam mengakselerasi pengembangan UMKM digital di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital. Pelaku usaha UMKM melakukan inovasi dengan berjualan pada platform digital agar dapat bertahan selama masa pandemidengan pemanfaatan teknologi digital pada pertanian untuk meningkatkan kapasitas produksi dan efisiensi biaya.
Tips Digitalisasi UMKM Sederhana : 1) Riset Pasar. Pemilik usaha UMKM perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum mengelola produk. 2) Promosi Brand. 3) Pemasaran Online, 4) Kerjasama UMKM, 5) Pengelolaan Operasional secara Digital. Sedangkan Tujuan dari adanya digitalisasi UMKM adalah untuk membantu masyarakat dalam memudahkan segala aktivitas dan pekerjaan mereka sehari-hari. Tujuan ini memberikan manfaat yang cukup efektif dalam mengoptimalkan banyak hal hingga kita tidak perlu memakan banyak waktu serta usaha untuk mencapai target dari pekerjaan kita. Seperti misalnya saat kita ingin pergi ke suatu tempat yang terkadang belum diketahui rute pastinya, maka dengan adanya digitalisasi ini hadirlah sebuah inovasi dari para pelaku usaha dengan menciptakan berbagai macam aplikasi pencari rute atau aplikasi untuk kita bisa mengakses angkutan umum secara online. Contoh lainnya dari penggunaan teknologi dalam kegiatan bisnis jual-beli melalui proses digitalisasi adalah adanya kemudahan dalam melakukan transaksi antara penjual dengan pembeli yang bisa dilakukan secara singkat. Proses ini mampu menghadirkan berbagai macam aplikasi atau media untuk keperluan proses bisnis seperti marketplace, e-commerce, dan online shop. Dengan begitu masyarakat pun tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu hanya untuk membeli atau menjual sesuatu. Bahkan meskipun kegiatan jual-beli ini melibatkan kedua negara yang berbeda.
PANDEMI COVID 19 DAN DIGITALISASI UMKM
Berat | 300 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 558 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
Judul : Bank Dan Lembaga Keuangan Modern Penulis : Dr. Hasyim, MM., dan Fadli Agus Triansyah Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 285 Halaman Cover : Soft Cover SINOPSIS Buku ini menyajikan penelusuran komprehensif terhadap dunia perbankan dan lembaga keuangan, mulai dari sejarah perbankan hingga perkembangan modern dalam era globalisasi. Melalui… selengkapnya
Rp 75.00029%
Judul : KINERJA KERJA AUDITOR : TINJAUAN MELALUI KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN PROFESIONAL Penulis : Ratih Kusumastuti Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 116 Halaman No ISBN : 978-623-5314-32-7 Tahun Terbit : Mei 2022 SINOPSIS BUKU Buku ini membahas tentang “Kinerja Kerja Auditor : Tinjauan melalui… selengkapnya
Rp 50.000 Rp 70.000Judul : Prinsip Mengenal Nasabah dan Kerahasiaan Bank untuk Mencegah Pencucian Uang Penulis : Dr. Benedictus Renny See, SH., SE., MH Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 238 Halaman Cover : Soft Cover SINOPSIS Prinsip Mengenal Nasabah dan Kerahasiaan Bank untuk Mencegah Pencucian Uang merupakan… selengkapnya
Rp 250.000Judul : Mengoptimalkan Interaksi untuk Membangun Ekuitas Merek yang Berkelanjutan Penulis : Dr.H.Hery Erdi Andrat,SE.MBA Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 185 Halaman Cover : Soft Cover SINOPSIS “Mengoptimalkan Interaksi untuk Membangun Ekuitas Merek yang Berkelanjutan” membahas peran penting interaksi… selengkapnya
Rp 162.500Judul : Geliat Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi Covid 19 Penulis : Jacobus Cliff Diky Rijoly, SE.,M.Si, dkk Ukuran : 14,5 cm x 21 cm Tebal : 224 Halaman ISBN :978-623-79437-8-5 Sinopsis: Buku ini sangat menarik dan wajib dibaca oleh tiap stakeholder baik akademisi, pemerintah, pengusaha maupun mahasiswa karena didalamnya tertuang… selengkapnya
Rp 182.000Judul : Potensi Tithonia diversifolia Fermentasi Sebagai Pakan Ternak ruminansia Penulis : Dr. Roni Pazla, S.Pt, MP., Prof. Dr. Ir. Novirman Jamarun, MSc., Laras Sukma Sucitra, S.Pt, Maihelfi, S.Pt, dan Yolanda Wulandari, S.Pt Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 123 Halaman Cover : Soft Cover SINOPSIS Tanaman paitan… selengkapnya
Rp 80.000Judul : KAJIAN AKUNTANSI KEUANGAN : Peran Tata Kelola Perusahaan Dalam Kinerja Tanggung Jawab Lingkungan, Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial, Agresivitas Pajak Penulis :Dr. Amrie Firmansyah, M.Ak, Riska Septiana Estutik, S.Tr.Ak. Ukuran : 14,5 cm x 21 cm Tebal : 148 Halaman Sinopsis Sistem self-assesment yang berlaku cenderung memberi celah bagi perusahaan untuk mengurangi kewajiban pajak…. selengkapnya
Rp 70.00013%
Judul : Buku Ajar E-Business & E-Commerce Penulis : Elisabet Yunaeti Anggraeni, Miswan Gumanti, Ahmad Khumaidi, Adi Prasetia Nanda, Sariyah Astuti, Dwi Puastuti, Sucipto Muhammad Junaidi Eka Ridhawati, Novita Andriyani, Eka Ridhawati, TriSusilowati, Rina Wati Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 208 Halaman No ISBN : 978-623-5314-48-8 Tahun Terbit :… selengkapnya
Rp 95.600 Rp 110.000Judul : Kinerja Kelembagaan Usaha Pangan Masyarakat Melalui Toko Tani Indonesia Dengan Pengoptimalkan Faktor Pendukung Agribisnis Hilir Berkelanjutan Penulis : Sri Indaryati, Sriati, Dessy Adriani, Riswani Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 250 Halaman Cover : Soft Cover SINOPSIS Salah satu aspek penting meningkatkan pengembangan usaha… selengkapnya
Rp 195.000Judul : Kewirausahaan Modern Penulis : Miswan Gumanti, M.B.A., M.M., Suyono, S.Kom., M.T.I., Aini Zulfi Augistia, dan Widiawati Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 170 Halaman Cover : Soft Cover SINOPSIS Kewirausahaan Modern adalah sebuah konsep yang menggabungkan prinsip-prinsip kewirausahaan tradisional dengan… selengkapnya
Rp 155.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.