Beranda » EKONOMI » Cryptocurrency Perspektif Ekonomi Syariah
click image to preview activate zoom

Cryptocurrency Perspektif Ekonomi Syariah

Rp 175.000
Stok Tersedia
KategoriEKONOMI
Tentukan pilihan yang tersedia!
Bagikan ke

Cryptocurrency Perspektif Ekonomi Syariah

Judul               : Cryptocurrency Perspektif Ekonomi Syariah

Penulis             : Taufiqurrohman, dan Kuntarno Noor Aflah

Ukuran            : 15,5 x 23 cm

Tebal               : 200  Halaman

Cover              : Soft Cover

 

Sinopsis

Berbagai kajian menarik tentang cryptocurrency telah hadir di berbagai forum, media dan publikasi. Mulai dari berita, artikel jurnal, diskusi-diskusi dan juga buku. Dari kajian tersebut dapat disimpulkan bahwa mata uang kripto atau cryptocurrency telah ditetapkan sebagai komoditas legal di Indonesia. Pertumbuhan nilai perdagangan kripto telah jauh melebihi nilai perdagangan saham. Aset kripto telah sah secara yuridis, tetapi masih menjadi perdebatan secara normatif (fiqh) di Indonesia. Analisis tentang aset kripto sebagai komoditas ditinjau dari syarat sil’ah, utilitas, underlying dan mekanisme validasi block perlu terus dilakukan. Sehingga dapat menjadi acuan desain aset kripto berbasis syari’ah dan memberi kemanfaatan bagi ekonomi syariah. Aset kripto yang lolos uji dari perspektif syari’ah dapat menjadi potensi objek zakat karena nilai perdagangannya yang sangat tinggi.

Cryptocurrency memiliki potensi untuk menjadi mata uang masa depan yang sangat menjanjikan, namun hal itu jika didukung semua elemen masyarakat, terlebih oleh pemerintah dalam jangka panjang untuk pertumbuhan dan perekonomian masyarakat. Namun demikian, patut dipertimbangkan bagaimana praktik cryptocurrency itu sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ada di dalam ekonomi syariah di Indonesia. Sebab pertumbuhan dan perkembangan ekonomi syariah saat ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Buku ini membahas secara mendalam tentang Cryptocurrency Perspektif Ekonomi Syariah. Di dalam buku ini perlunya fungsi penyedia layanan yang terhubung ke sektor riil. Di mana ekonomi syariah mensyaratkan bahwa setiap transaksi keuangan harus berdasarkan transaksi di sektor riil.

Persyaratan sil’ah dan utilitas aset telah sah secara syari’ah. Token atau koin yang dihasilkan dari bunga tidak diperbolehkan. Penggunaan akad ijarah dengan tambahan mekanisme minting dapat menjadi solusi bagi token yang berdiri diatas jaringan blockchain yang menggunakan mekanisme konsensus proof of stake (PoS).

Desain aset digital kripto berbasis syari’ah di Indonesia menunjukan bahwa token PaxGold dan Digix yang disimpan dalam cold wallet atau online wallet dari exchanger dinilai legal di Indonesia dengan utilitas sebagai media investasi dan telah memenuhi syarat sil’ah, memiliki manfaat sebagai media investasi dan memiliki underlying emas.

Buku ini sangat cocok dijadikan sebagai rujukan dan pedoman bagi mahasiswa, dosen, peneliti dan masyarakat umum, terutama bagi para trader kripto dari kalangan muslim millennial. Pembahasannya yang detil dan mendalam serta analisisnya yang tajam dan komprehenship membuat buku ini semakin menambah bobot dan kualitasnya.

Cryptocurrency Perspektif Ekonomi Syariah

Berat300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 301 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja