Beranda » Artikel Terbaru » Cara Menulis Buku dengan Cepat

Cara Menulis Buku dengan Cepat

Diposting pada 4 November 2020 oleh admin | Dilihat: 56 kali | Kategori:

Cara Mengatasi Malas Menulis1 – Membuat Outline yang Jelas

Sebelum menyelesaikan naskah buku, bikin outline yang jelas itu sangat penting. Outline ini dibuat agar kita tidak kehilangan alur dalam menulis. Tidak adanya outline yang jelas seringkali menyebabkan naskah yang kiat tulis terus ditambah ini dan itu, pada akhirnya naskahnya menjadi tidak berujung yang akhirnya tidak jadi – jadi.

Sedikit tips bagaimana membuat outline buku. Saya akan berikan satu teknik dari ratusan teknik lainnya dalam membuat outline buku. Salah satu teknik yang saya gunakan dalam membuat outline buku (khususnya non – fiksi) adalah teknik 3W + 1H.

Teknik 3W + 1H adalah teknik menyusun outline yang terdiri dari Why, What, How, What If.

Why menjelaskan latar belakang dan alasan kenapa buku itu ditulis, masalah apa yang ingin diselesaikan. What menjelaskan apa solusi yang akan dibahas dalam buku untuk menyelesaikan masalah tersebut. How menjelaskan bagaimana pembaca dapat menerapkan solusi dalam kehidupan sehari – hari. What If menjelaskan apa dampak yang akan dirasakan pembaca bila mengikuti atau tidak mengikuti saran yang ada dalam buku tersebut.

Dengan begitu saja, kamu sudah memiliki sebuah outline buku yang lengkap dari awal hingga akhir! Nah, dengan memiliki outline buku yang jelas ini, kita jadi bisa lebih mudah untuk menyelesaikan naskah buku yang ingin kita terbitkan.

2 – Menulislah Setiap Hari

Selalu sediakan ruang untuk menulis setiap hari, ketika kita komitmen menyelesaikan naskah buku. Menulis setiap hari bukan berarti menulisnya harus banyak, tetapi untuk menjaga komitmen bahwa setiap hari naskah buku kita harus memiliki kemajuan.

Sewaktu saya mengikuti mentoring kepenulisan, mentor saya berkata,

3 – Luangkanlah waktu untuk menulis, bukan menulis di waktu luang

Nasihat tersebut sangat membekas untuk saya. Maka dari itu, ketika menyelesaikan naskah buku Studentpreneu Guidebook, saya membuat blok waktu saya di malam hari dari pukul 21.00 – 23.00 untuk hanya menulis naskah buku ini. Saya fokus dan fokus. Tidak masalah apabila tulisan kita berantakan, tidak ada ide. Pokoknya tuliskan saja apa yang ada di kepala kita. Biarkan saja mengalir.

Oh iya, setiap orang itu memiliki waktu kreatif mereka sendiri – sendiri. Kalau saya, biasanya waktu kreatifnya ada di malam hari. Tapi ada juga orang yang waktu kreatifnya di pagi, siang, atau sore hari. Nah, waktu kreatif ini kamu sesuaikan. Kamu bisa melakukan blok waktu ini sesuai dengan kapan waktu kreatif kamu.

Sumber : Arry Rahmawan

Bagikan

Cara Menulis Buku dengan Cepat | Penerbit Adab

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Info Perusahaan

  • Alamat : Jl. Kristal Blok F6 Pabean Udik Indramayu Jawa Barat
  • Telp/WA : 081221151025
  • E-mail : Penerbitadab@gmail.com

Paket Penerbitan

Chat via Whatsapp
Nurul
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja