Beranda » Biografi » ULAMA SUMBAWA Biografi, Kiprah & Karya
click image to preview activate zoom

ULAMA SUMBAWA Biografi, Kiprah & Karya

Rp 101.000
Stok Tersedia
KategoriBiografi
Tentukan pilihan yang tersedia!
Bagikan ke

ULAMA SUMBAWA Biografi, Kiprah & Karya

Judul                  : ULAMA SUMBAWA : Biografi, Kiprah & Karya

Penulis            :  Dr. MUHAMMAD SALEH, M.A., dan JERI ARDIANSA, M.A.

Ukuran            : 14,5 x 21 cm

Cover              : Soft Cover

 

 

SINOPSIS

 

Saya mengapresiasi buku, karya saudara Muhammad Saleh Ending dan Jeri Ardiansa yang berisi tentang profile para ulama Sumbawa. Saya memandang ini suatu langkah maju dalam rangka menggali keberadaan para tokoh-tokoh alim shaleh di Tana Samawa, berikut peran, dan tugas-tugas yang telah dilakukan dalam rangka pembinaan ummat, yang dilakukannya dengan ikhlas. Tentu semua itu, adalah dalam rangka menjaga umat (Tau ke Tana Samawa), agar senantiasa menjadi orang-orang yang tetap berpegang teguh pada prinsip Takit ko Nene’ kangila boat lenge (Takut kepada Allah dan malu melakukan perkara buruk) demi terpeliharanya kerik salamat Tau ke Tana Samawa. Sebagaimana dimaklumi, bahwa era pemerintahan kesultanan Sumbawa, Sultan memberikan ruang yang cukup luas bagi para generasi Sumbawa, untuk menuntut ilmu ke tanah suci Makkah al-Mukarramah. Hal ini, dibuktikan dengan dibangunnya ‘’Bait Sumbawa’’ oleh Sultan Muhammad Amrullah (1836-1883), yang menjadi tempat muqimnya para pelajar Sumbawa tersebut. Harapan saya mudah-mudahan ke depan Saudara Muhammad Saleh Ending dan Jeri Ardiansa atau siapapun terus termotivasi untuk menulis banyak hal yang berkaitan dengan keSamawaan kita, dengan kajian-kajian yang lebih konprehensif dan mendalam.

Dewa Masmawa Sultan Muhammad Kaharuddin IV

(Sultan Sumbawa Ke-XVIII)

 

Keilmuan dan kealiman ulama Sumbawa diakui oleh para masyayikh dan thalabah di Makkah al-mukarromah, seperti dijuluki ulama muhaqqiq, allamah, ulama sholeh dan sastrawan dan allamah muhaqqiq, sehingga banyak pelajar yang menghadiri halaqah yang digelar oleh Ulama Sumbawa di Masjidil Haram dan di kedimannya. Ulama Sumbawa mampu mengharumkan nama Tana Samawa di Makkah Al-mukarramah, tempat umat Islam dari penjuru dunia menuntut ilmu.

Prof. Dr. TGH. Masnun Tahir., M. Ag

(Rektor UIN Mataram)

 

 

Buku ini menjadi buku yang penting dalam kesejarahan Sumbawa, penulis telah berupaya mengisi ruang kosong yang selama ini tidak diketahui banyak orang. Selain itu buku ini telah menghadirkan kepada kita benang merah dari sejarah intelektual yang menghubungkan ulama-ulama Sumbawa dengan ulama lainnya di belahan dunia Islam. Beberapa nama yang karya-karya mereka masih ditemukan di pusat-pusat kajian keislaman di Timur Tengah adalah syaikh Zainuddin Tepal Sumbawa. Dan beberapa nama ulama lain yang juga menjadi jembatan penghubung dengan generasi-generasi sesudahnya seperti DGH. Umar, DGH. Muhammad Ali, DGH. Muhammad Umar, DGH. Daud Batu Dulang, DGH. Zainuddin Utan, DGH. Syarif Alwi Empang, DGH. Abdul Fattah Taliwang, DGH. Djamaluddin Aminullah Empang, DGH. Muhammad Nur Balong Penyaring, DGH. Dahlan Batu Tering, DGH. M. Djafar Salam, DGH. Ahmad Pisak Berare, DGH. Mukchtar Amin Kakiang dan lain-lainnya. Karena itu buku ini menjadi sangat penting kehadirannya bukan hanya bagi mereka yang hanya ingin tahu sejarah para ulama Sumbawa, melainkan bagi para peneliti sejarah sosial dan intelektual, dapat menjadi peletak dasar untuk research yang lebih mendalam.

Prof. Dr. Jamaluddin., MA

(Guru Besar Sejarah & Peradaban Islam UIN Mataram)

ULAMA SUMBAWA Biografi, Kiprah & Karya

Berat300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 456 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Rekomendasi

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja