Beranda » Ilmu Lingkungan » Rumput Unggul Pakan Ternak Ruminansia
click image to preview activate zoom

Rumput Unggul Pakan Ternak Ruminansia

Rp 70.000
Stok Tersedia
KategoriIlmu Lingkungan
Tentukan pilihan yang tersedia!
Bagikan ke

Rumput Unggul Pakan Ternak Ruminansia

Penulis              :  Dr. Roni Pazla, S.Pt, MP., Yoselanda Marta, S.Pt, M.Pt., dan Laras Sukma Sucitra, S.Pt

Ukuran            : 15,5 x 23 cm

Tebal               : 133 Halaman

Cover              : Soft Cover

 

Sinopsi Buku

Hijauan makanan ternak memiliki peranan yang sangat penting dan menentukan dalam upaya meningkatkan produksi ternak ruminansia seperti sapi, kerbau, kambing dan domba. Hijauan merupakan bahan pakan pokok bagi ternak yang fungsinya tidak dapat digantikan oleh konsentrat. Hijauan  memiliki kadar serat yang tinggi. Kandungan serat kasar yang dibutuhkan oleh ternak ruminansia paling rendah adalah 13-14 % dari bahan kering ransum. Ternak ruminansia akan mengalami gangguan pencernaan jika kandungan serat kasar yang terdapat di dalam ransum terlalu rendah. Hijauan berfungsi untuk menjaga alat pencernaan agar berfungsi dengan baik, membuat rasa kenyang (bulk) dan mendorong keluarnya sisa pencernaan.

Rumput merupakan salah satu jenis hijauan makanan ternak. Rumput unggul adalah rumput yang didatangkan dari luar yang memiliki kelebihan dibandingkan rumput lokal terutama dari segi produksi dan kualitasnya. Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam pemilihan jenis-jenis rumput yang akan digunakan untuk sebagai pakan ternak ruminansia adalah  produktifitas yang tinggi,  palatabilitasnya baik bagi ternak, nilai gizi yang cukup dan mampu beradaptasi dengan iklim dan kondisi lahan setempat. Faktor-faktor tersebut harus diperhatikan agar memperoleh hijauan pakan yang baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Apabila ternak ruminansia mendapatkan hijauan dalam jumlah yang cukup serta kualitas gizi yang baik, maka penggunaan konsentrat sebagai pakan tambahan dapat dikurangi. Buku ini mengurai informasi seputar  rumput unggul pakan ternak ruminansia diantaranya adalah rumput gajah (Pennisetum purpureum), rumput raja (Pennisetum purpuphoides), rumput benggala (Pannicum maximum), rumput setaria (Setaria sphacelata), rumput bede (Brachiaria decumbens) dan jenis rumput lainnya.

 

Rumput Unggul Pakan Ternak Ruminansia

Berat300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 850 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja