Beranda » Umum » PERKEMBANGAN MOTORIK
click image to preview activate zoom

PERKEMBANGAN MOTORIK

Rp 100.000
Stok Tersedia
KategoriUmum
Tentukan pilihan yang tersedia!
Bagikan ke

PERKEMBANGAN MOTORIK

Judul                  : PERKEMBANGAN MOTORIK

Penluis              : Dr. Agustinus Reffly Jeffry Sengkey, M.Pd.

 Ukuran            : 17,5 x 25  cm

Cover                : Soft Cover

 

Sinopsis

Buku ini mengungkapkan pentingnya perkembangan motorik kasar pada anak usia dini dan peran utamanya dalam perkembangan holistik anak. Dalam konteks pendidikan, keterampilan motorik kasar memegang peranan kunci dalam meningkatkan kepercayaan diri dan konsep diri anak-anak. Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak (TK) merupakan kesempatan berharga untuk mengembangkan motorik kasar anak, meskipun perlu lebih banyak perhatian pada aspek ini.

Buku ini juga membahas perbedaan antara konsep motorik dan psikomotorik serta menjelaskan perbedaan antara perkembangan, kematangan, dan pertumbuhan dalam konteks perkembangan manusia. Dengan menyoroti prinsip-prinsip perkembangan motorik, teks menggambarkan pentingnya pemahaman tentang bagaimana individu mengalami perubahan dalam perilaku gerakan mereka sepanjang rentang kehidupan mereka.

Interaksi antara perkembangan kognitif dan perkembangan motorik dalam perkembangan manusia. Fokus utamanya adalah pada kontribusi teori Jean Piaget terhadap pemahaman tentang hubungan ini. Piaget mengidentifikasi empat tahap perkembangan kognitif yang berbeda, mulai dari tahap sensorimotor hingga tahap formal operasional. Artikel juga menggambarkan bagaimana perkembangan motorik anak memengaruhi perkembangan kognitif mereka pada masing-masing tahap tersebut.

Pentingnya pengembangan motorik dalam perkembangan anak, tidak hanya dari segi fisik tetapi juga dalam mendukung perkembangan kognitif mereka. Pendidikan jasmani dan aktivitas fisik berperan penting dalam memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak pada berbagai tahap usia. Sasaran perkembangan motorik, yaitu pengayaan gerak dan kesadaran gerak. Pengayaan gerak mencakup pengembangan keterampilan gerak kasar (seperti berjalan dan melompat) dan gerak halus (seperti menulis dan menggambar). Kesadaran gerak melibatkan pengendalian aktivitas otot dan kesadaran tentang indera, keseimbangan, ruang, tubuh, waktu, dan arah.

Secara keseluruhan, buku memberikan pemahaman yang komprehensif tentang perkembangan motorik, sasaran perkembangan, perspektif, dan desain penelitian yang relevan dalam bidang ini. Perkembangan fisik dan motorik anak sangat bervariasi, dipengaruhi oleh faktor seperti nutrisi, lingkungan, perlakuan orang tua, dan kebiasaan hidup. Nutrisi dan kesehatan anak berperan penting dalam perkembangan fisiknya. Selama masa bayi dan balita, anak sangat bergantung pada pengasuh untuk mendapatkan makanan, pakaian, dan kehangatan. Fase ini juga memengaruhi pembentukan kepribadian anak.

Dalam mengembangkan kelentukan pada anak-anak, latihan yang melibatkan peregangan otot-otot utama tubuh seperti otot punggung, otot pinggul, otot hamstring (belakang paha), dan otot dada dapat membantu meningkatkan kelentukan tubuh. Latihan peregangan ini sebaiknya dilakukan secara teratur dan dengan teknik yang benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kelentukan adalah kemampuan untuk melakukan gerakan dengan luas dan leluasa dalam persendian tubuh. Kelentukan memiliki peran penting dalam perkembangan motorik anak-anak dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Faktor-faktor seperti usia dan jenis kelamin mempengaruhi tingkat kelentukan, tetapi latihan peregangan yang teratur dapat membantu meningkatkan kelentukan pada anak-anak. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kelentukan dalam pengembangan fisik anak-anak dan memberikan latihan yang sesuai untuk meningkatkan kelentukan tubuh.

Kelentukan adalah kemampuan tubuh untuk melentur atau menggerakkan sendi-sendi dan otot-otot dengan rentang gerakan yang optimal. Pentingnya kelentukan pada anak-anak pada usia 9 tahun adalah karena ini merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang kritis, dan kelentukan yang baik dapat membantu mereka dalam penguasaan keterampilan gerakan dasar, meningkatkan prestasi dalam olah raga, dan menjaga kesehatan tubuh.

Anak-anak mengalami perkembangan motorik yang signifikan selama masa pertumbuhan mereka. Hal ini termasuk perkembangan kemampuan bergerak, seperti berlari, melompat, dan melempar. Perkembangan motorik ini dapat berbeda antara anak laki-laki dan perempuan. Terdapat perbedaan dalam perkembangan motorik antara anak laki-laki dan perempuan, terutama saat memasuki masa remaja. Anak laki-laki cenderung memiliki keunggulan dalam beberapa aktivitas fisik tertentu, seperti berlari dan melompat.

Pertumbuhan dan perkembangan anak adalah proses yang kompleks dan melibatkan berbagai aspek, termasuk fisik, mental, dan emosional. Ini adalah tahap penting dalam kehidupan manusia yang memerlukan perhatian khusus. Perkembangan psikomotorik melibatkan pengembangan keterampilan motorik, seperti kemampuan bergerak dan koordinasi gerakan. Hal ini sangat penting dalam pendidikan jasmani dan olah raga.

PERKEMBANGAN MOTORIK

Berat300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 286 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja