Beranda » Umum » TAFSIR TARBAWI Tafsir Ayat-Ayat Al-Qur’an Terhadap Pendidikan

TAFSIR TARBAWI Tafsir Ayat-Ayat Al-Qur’an Terhadap Pendidikan

Stok: Pre Order
Berat 300 gram
Kondisi Baru
Kategori Umum
Dilihat 25 kali
Diskusi Belum ada komentar
Klik untuk Bagikan Ke
Rp 70.000
PRE ORDER
Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai pemesanan produk ini.

Detail Produk TAFSIR TARBAWI Tafsir Ayat-Ayat Al-Qur’an Terhadap Pendidikan

Judul                 : TAFSIR TARBAWI Tafsir Ayat-Ayat Al-Qur’an Terhadap Pendidikan

 Penulis            : Dr. Almaydza Pratama Abnisa, S.S., M.Pd.I.

 Ukuran            : 15,5 x 23 cm

Tebal               : 175 Halaman

Cover              : Soft Cover

 

 

SINOPSIS

 

Islam bukan hanya agama ibadah semata, tetapi juga sebuah panduan lengkap untuk kehidupan, termasuk dalam hal pendidikan. Kewajiban belajar mengajar dijabarkan sebagai fondasi yang kuat untuk membangun masyarakat yang cemerlang dan beradab. Tujuan pendidikan, menurut Al-Qur’an, adalah membentuk individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak mulia dan berkontribusi positif pada lingkungan sekitarnya.

Dalam konteks subjek dan objek pendidikan, Al-Qur’an menekankan pentingnya pemahaman yang komprehensif tentang ilmu pengetahuan, seni, dan nilai-nilai kehidupan. Metode pendidikan yang diambil dari ajaran Al-Qur’an bukan hanya tentang transfer pengetahuan, tetapi juga pengembangan karakter dan moralitas. Al-Qur’an bukan hanya kitab petunjuk agama, tetapi juga pedoman hidup sehari-hari yang mengatur segala aspek kehidupan manusia, termasuk pendidikan.

Potensi-potensi yang perlu dikembangkan melalui pendidikan, sebagaimana diungkapkan dalam Al-Qur’an, melibatkan pengembangan potensi intelektual, emosional, dan spiritual. Pendidikan yang paling diprioritaskan, menurut perspektif Al-Qur’an, adalah pendidikan yang membangun jiwa anak didik, memberikan mereka pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai kehidupan, dan membimbing mereka menjadi individu yang bertanggung jawab dan bermoral.

Pentingnya mengidentifikasi dan membedakan antara lingkungan pendidikan yang baik dan buruk menjadi jelas melalui tafsir Al-Qur’an. Lingkungan yang baik adalah yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan positif, sementara lingkungan yang buruk dapat menghambat potensi anak didik. Oleh karena itu, kita dituntut untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif untuk pembelajaran dan perkembangan anak didik.

Tanggung jawab orang tua dalam mendidik anak, menurut Al-Qur’an, adalah amanah yang sangat besar. Orang tua harus menjadi teladan dalam perilaku dan moralitas, membimbing anak-anak menuju jalan yang benar, dan memberikan pendidikan yang memadai sesuai dengan ajaran Islam.

Terakhir, tafsir ayat Al-Qur’an tentang pendidikan mengingatkan kita bahwa pengetahuan adalah anugerah yang harus dihargai dan dikembangkan. Ilmu pengetahuan yang diperoleh melalui pendidikan bukan hanya untuk kepentingan pribadi, tetapi juga untuk kesejahteraan umat dan masyarakat.

Dengan demikian, melalui pemahaman mendalam terhadap ajaran Al-Qur’an, kita dapat membimbing proses pendidikan menuju arah yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman, menciptakan generasi yang berilmu, bertanggung jawab, dan mampu menjawab tantangan zaman dengan penuh keyakinan. Semoga makalah ini dapat memberikan kontribusi kecil dalam memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip pendidikan Islam dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

Ditambahkan pada: 5 Februari 2024
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Info Perusahaan

  • Alamat : Jl. Intan Blok C2 Pabean Udik Indramayu Jawa Barat
  • WA Penerbit : 081221151025
  • WA Adab Store : 081818432680
  • E-mail : Penerbitadab@gmail.com
Chat via Whatsapp
Nurul
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja