Beranda » Pendidikan » Sunan Kalijaga Dan Mitos Masjid Agung Demak
click image to preview activate zoom

Sunan Kalijaga Dan Mitos Masjid Agung Demak

Rp 65.000
Stok Tersedia (10)
KategoriPendidikan
Tentukan pilihan yang tersedia!
Bagikan ke

Sunan Kalijaga Dan Mitos Masjid Agung Demak

Judul               : Sunan Kalijaga Dan Mitos Masjid Agung Demak

Penulis             : Dr. Fairuz Sabiq, M.S.I

Ukuran            : 15,5 x 23 cm

Tebal               : 110 Halaman

 

 

 

Sinopsis

Sunan Kalijaga dengan kedekatannya dengan sang Maha Pencipta, juga dengan kemampuan ilmu agama yang sangat tinggi, kepandaian dalam memahami persoalan sosial-budaya dan kemasyarakatan, beliau dapat menjelaskan kepada masyarakat tentang suatu hal diluar kemampuan masyarakat saat itu. Sunan Kalijaga menunjukkan dan mengajari masyarakat akan banyak hal yang belum diketahui oleh masyarakat tanpa menggeser atau kontra dengan masyarakat atau ulama lain. Kemampuan ini bagi masyarakat dipercayai sebagai karomah atau makrifat sunan Kalijaga.

Peranan sunan Kalijaga besar sekali terhadap pembangunan masjid agung Demak. Masjid ini sebagai prototype masjid-masjid lain di Jawa selama berabad-abad. Masjid merupakan salah satu media penyebaran agama Islam di Jawa. Masjid dapat berfungsi sebagai tempat ibadah, sebagai tempat berdiskusi, sebagai tempat menyelesaikan perkara, sebagai tempat melangsungkan akad pernikahan, sebagai tempat berkumpul antara rakyat, ulama dan penguasa, serta sebagai tempat kegiatan yang lainnya.

Masjid agung pertama kali yang dibangun oleh para wali, beserta penguasa kerajaan dan rakyat adalah masjid agung Demak. Masjid agung Demak menjadi rujukan bagi masjid-masjid yang lain. Dari sisi letak bangunan masjid, ornamen atau benda-benda yang terdapat di dalam masjid, bentuk bangunan masjid, serta hal-hal lain yang termasuk karakteristik masjid menjadi sebuah kepercayaan masyarakat. Kepercayaan ini turun temurun dari generasi ke generasi hingga menjadi sebuah mitos yang dipercayai oleh masyarakat. Mitos menjadi sebuah hal yang diketahui, dipercayai, dan diikuti oleh masyarakat, hingga menjadi sebuah pedoman bagi masyarakat tersebut.

Buku ini menjelaskan peranan sunan Kalijaga pada penyebaran dan perkembangan Islam di Jawa dan terkait dengan mitos masjid agung Demak. Dengan mempelajari buku ini, maka dapat diketahui makna atau pesan dari sebuah mitos hingga menjadi pengetahuan yang mendalam bagi yang memahaminya.

 

 

 

Sunan Kalijaga Dan Mitos Masjid Agung Demak

Berat250 gram
Kondisi Baru
Dilihat 1.305 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja