Beranda » Umum » METODOLOGI PENELITIAN TEKNIK
click image to preview activate zoom

METODOLOGI PENELITIAN TEKNIK

Rp 110.600
Stok Tersedia
KategoriUmum
Tentukan pilihan yang tersedia!
Bagikan ke

METODOLOGI PENELITIAN TEKNIK

Judul                  : METODOLOGI PENELITIAN TEKNIK

Penulis            :  Dr. Ir. Nugroho Widiasmadi Dipl. WRD., M.Eng.

Ukuran            : 15,5 x 23  cm

Cover              : Soft Cover

 

SINOPSIS

Buku ini secara sistematis berusaha dengan jelas menguraikan Langkah-langkah ilmiah yang mudah dipahami oleh semua pembaca khusunya mahasiswa, dosen dan praktisi.  Hal  ini penting karena ilmu metodologi penelitian harus seawal munghin dikuasai oleh mahasiswa agar menjadi dasar berpokir ilmiah, logis dan konstruktif. Mengenal metode penelitian memiliki sejumlah manfaat yang signifikan bagi mahasiswa, terlepas dari disiplin ilmu yang mereka pelajari. Berikut adalah beberapa alasan mengapa penting bagi mahasiswa untuk mengenal metode penelitian:

  1. Pemahaman Mendalam: Mengenal metode penelitian membantu mahasiswa memahami lebih dalam tentang bagaimana pengetahuan ilmiah diperoleh. Mereka dapat memahami bagaimana pertanyaan penelitian dirumuskan, bagaimana data dikumpulkan, dan bagaimana kesimpulan dihasilkan.
  2. Keterampilan Pemecahan Masalah: Metode penelitian melibatkan pemecahan masalah yang sistematis. Mahasiswa akan belajar tentang cara merancang pendekatan untuk mengumpulkan dan menganalisis data, yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks di dalam dan di luar akademik.
  3. Pengembangan Kemampuan Analisis: Mahasiswa akan belajar cara menganalisis data dengan benar dan kritis. Kemampuan ini bermanfaat dalam mengambil keputusan yang didukung oleh bukti, serta dalam mengevaluasi argumen dan informasi dari berbagai sumber.
  4. Kreativitas dan Inovasi: Mengenal metode penelitian dapat merangsang kreativitas mahasiswa dalam merancang dan mengembangkan proyek-proyek penelitian. Mereka dapat mengajukan pertanyaan baru, merumuskan pendekatan inovatif, dan mengeksplorasi ide-ide baru.
  5. Pengembangan Literasi Akademik: Mahasiswa akan memahami konsep penting seperti literatur ilmiah, tinjauan pustaka, dan referensi. Mereka akan belajar bagaimana mengakses dan mengevaluasi informasi yang ditemukan di jurnal, buku, dan sumber-sumber ilmiah lainnya.
  6. Peningkatan Kemampuan Menulis dan Berbicara: Mahasiswa yang memahami metode penelitian cenderung memiliki kemampuan menulis dan berbicara yang lebih baik. Mereka dapat menyusun argumen yang terorganisir dengan baik dan berbicara tentang hasil penelitian dengan keyakinan.
  7. Keterampilan Menganalisis Kritis: Pengenalan pada metode penelitian membantu mahasiswa menjadi pembaca dan pemikir yang lebih kritis. Mereka akan belajar untuk mengenali metodologi yang kuat, kelemahan dalam desain penelitian, dan cara mendekati informasi dengan skeptis.
  8. Persiapan Karir: Banyak profesi mengharapkan individu memiliki keterampilan analitis dan penelitian. Mengenal metode penelitian dapat memberikan mahasiswa dasar yang kuat untuk memasuki dunia kerja yang membutuhkan kemampuan tersebut.
  9. Mendukung Pengembangan Proyek Kreatif: Bahkan di luar bidang akademik, pemahaman tentang metode penelitian dapat mendukung pengembangan proyek kreatif dan inovatif, seperti pengembangan produk, seni, atau layanan baru.
  10. Menghargai Proses Ilmiah: Mahasiswa yang mengenal metode penelitian akan memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang nilai dan pentingnya pendekatan ilmiah dalam menjawab pertanyaan dan mengatasi tantangan.

Secara keseluruhan, mengenal metode penelitian membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan intelektual, analitis, dan kritis yang penting untuk berhasil di dunia akademik dan profesional.

 

 

 

 

METODOLOGI PENELITIAN TEKNIK

Berat300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 313 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja