Beranda » Teknologi » MEKANIKA FLUIDA 1 & 2
click image to preview activate zoom

MEKANIKA FLUIDA 1 & 2

Rp 109.200
Stok Tersedia
KategoriTeknologi
Tentukan pilihan yang tersedia!
Bagikan ke

MEKANIKA FLUIDA 1 & 2

Judul                  : MEKANIKA FLUIDA 1 & 2

Penulis            :  Dr. Ir. Nugroho Widiasmadi Dipl. WRD., M.Eng.

Ukuran            : 15,5 x 23  cm

Cover              : Soft Cover

 

SINOPSIS

Ilmu Mekanika Fluida adalah cabang ilmu dalam ilmu fisika dan ilmu teknik yang mempelajari perilaku fluida (zat yang mengalir, seperti gas dan cairan) dalam berbagai kondisi dan situasi. Ilmu ini mencakup studi tentang bagaimana fluida bergerak, berinteraksi dengan benda padat, merespon gaya yang diberikan, dan berubah bentuk. Ilmu Mekanika Fluida memiliki banyak aplikasi dalam berbagai bidang, termasuk rekayasa, kedirgantaraan, meteorologi, ilmu kelautan, teknik kimia, dan masih banyak lagi.

Ilmu Mekanika Fluida dapat dibagi menjadi dua sub-disiplin utama: Mekanika Fluida Dasar: Fokus pada konsep dan prinsip dasar dalam aliran fluida. Mekanika Fluida Terapan: Lebih menekankan pada penerapan konsep mekanika fluida dalam situasi nyata, seperti aliran dalam pipa, aliran melalui benda padat, dinamika fluida atmosfer, aliran dalam mesin, dan lain sebagainya. Ini melibatkan penggunaan teknik komputasi, simulasi numerik, dan percobaan dalam menganalisis perilaku fluida dalam berbagai konteks.

Studi ilmu mekanika fluida dapat membantu dalam memahami dan merancang sistem yang melibatkan pergerakan fluida, serta membantu dalam mengoptimalkan desain dan kinerja peralatan teknis yang berhubungan dengan fluida.

Berikut adalah beberapa manfaat ilmu fluida: Rekayasa Fluida: Ilmu fluida memungkinkan kita untuk merancang dan mengembangkan berbagai sistem, seperti mesin pembakaran dalam (internal combustion engines), pesawat terbang, kendaraan antariksa, dan peralatan industri lainnya. Pengetahuan tentang aliran fluida membantu insinyur merancang komponen dan sistem yang efisien dan aman.

  1. Transportasi: Pemahaman tentang fluida membantu dalam perancangan kendaraan dan pesawat terbang yang dapat mengurangi hambatan udara dan gesekan air, sehingga meningkatkan efisiensi dan kecepatan. Hal ini berdampak pada perkembangan transportasi yang lebih cepat dan lebih hemat energi.
  2. Energi: Ilmu fluida berperan penting dalam pengembangan teknologi energi terbarukan seperti turbin angin, turbin air, dan energi ombak. Studi tentang aliran fluida juga membantu dalam perancangan reaktor nuklir dan pengembangan teknologi bahan bakar.
  3. Pembangkit Listrik: Pembangkit listrik tenaga air, termal, dan nuklir mengandalkan prinsip-prinsip ilmu fluida untuk menghasilkan energi listrik dengan efisien dan aman.
  4. Pengendalian Pencemaran: Ilmu fluida digunakan dalam memahami pergerakan polutan dalam air dan udara, serta dalam merancang sistem pengendalian pencemaran untuk melindungi lingkungan dan kesehatan manusia.
  5. Industri Kimia: Proses industri seperti distilasi, evaporasi, dan reaksi kimia sering melibatkan aliran fluida. Pemahaman tentang sifat-sifat fluida membantu dalam merancang proses yang efisien dan menghasilkan produk dengan kualitas yang baik.
  6. Kesehatan dan Kedokteran: Dalam dunia medis, ilmu fluida diterapkan dalam berbagai aspek seperti sirkulasi darah, aliran udara dalam saluran pernapasan, dan perancangan peralatan medis seperti pompa jantung buatan.
  7. Meteorologi dan Klimatologi: Ilmu fluida berkontribusi dalam pemahaman tentang pergerakan atmosfer dan oseanografi, yang sangat penting untuk memahami pola cuaca, iklim, dan perubahan iklim global.
  8. Desain Bangunan: Dalam arsitektur, ilmu fluida digunakan untuk merancang bangunan yang memiliki ventilasi dan sirkulasi udara yang baik, menghasilkan lingkungan yang nyaman dan efisien energi.
  9. Astronomi: Studi tentang fluida membantu dalam pemahaman tentang aliran fluida dalam bintang, planet, dan objek astronomi lainnya, yang berperan dalam perkembangan ilmu pengetahuan tentang alam semesta.

Inilah beberapa contoh manfaat ilmu fluida yang sangat luas dan berdampak pada banyak aspek kehidupan manusia dan kemajuan teknologi.

 

MEKANIKA FLUIDA 1 & 2

Berat300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 440 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja