Beranda » Umum » Berbekal Dendam Kemiskinan, DJUMONGKAS HUTAGAOL DARI KULI BANGUNAN JADI DIREKSI
click image to preview activate zoom

Berbekal Dendam Kemiskinan, DJUMONGKAS HUTAGAOL DARI KULI BANGUNAN JADI DIREKSI

Rp 70.000
Stok Tersedia
KategoriUmum
Tentukan pilihan yang tersedia!
Bagikan ke

Berbekal Dendam Kemiskinan, DJUMONGKAS HUTAGAOL DARI KULI BANGUNAN JADI DIREKSI

Judul                  : Berbekal Dendam Kemiskinan, DJUMONGKAS HUTAGAOL DARI KULI BANGUNAN JADI DIREKSI

Penulis            :  Suwandi Purba

Ukuran            : 15,5 x 23 cm

Cover              : Soft Cover

 

SINOPSIS

 

Nama Djumongkas Hutagaol tak bisa dilepaskan dari perjalanan perkembangan transportasi darat di dalam Kota Medan . Ia bahkan telah menjadi sebuah fenomena yang banyak mewarnai dinamika maju mundurnya moda angkutan kota.

Berawal dari anak desa yang merantau bermodal “hosah” (nafas), dari kuli bangunan kemudian menjadi pegawai BUMN PT Nindya Karya,  Djumongkas Hutagaol muda kemudian bermetamorfosa menjadi pengusaha.

Djumongkas memilih keluar dari zona aman meninggalkan PT Nindya Karya di tahun 1983, perusahaan yang telah membawanya keluar dari kemiskinan.

Keluar dari tempatnya bekerja dan  memilih hidup di “pasaran” sebagai seorang pengusaha .

Predikat “preman” seakan melekat pada dirinya tatkala  terjun ke kawasan Sambu untuk mulai mengurus usahanya angkutan kota.

 

Medan Bus, sebuah nama armada mini bus angkutan kota ia kelola. Sebagai pemain baru, Djumongkas sudah pasti mendapat beragam tantangan, dihempang, ditekan, bahkan diancam .

Ia tak mundur sejengkal pun  semua ia hadapi dan dengan main tunggal.

Medan Bus kemudian menjadi salah satu angkutan kota vital di Medan di tahun 80-an hingga 90-an  dan 2.000- bahkan hingga saat ini .

Mungkin tak terhitung sudah berapa pelajar dan mahasiswa di kota ini yang menggunakan armada Medan Bus di masa lalu , dan kini sudah berhasil menjadi “orang”.

Kiprah Djumongkas di dunia angkutan darat seakan tak akan ada akhirnya  , ketika kemudian di tahun 2020 Kementrian Perhubungan RI memercayakan dirinya sebagai pengelola jasa angkutan kota modern PT Trans Metro Deli .

Kepercayaan tersebut tak ia sia-siakan dan kini Trans Metro Deli sudah menjadi alternatif pilihan utama pengguna jasa transportasi massal yang secara perlahan mulai mengubah budaya warga kota untuk memilih angkutan massal ketimbang menggunakan angkutan pribadi , guna efisiensi, efektivitas dan tentunya untuk mengatasi kemacetan kota.

Dendam kemiskinan di masa kecil yang berlanjut hingga ia berkeluarga dan punya anak tiga, menjadi inspirasi baginya untuk membuka unit usaha angkutan kota, developer, perkebunan sawit ,, persawahan dan Kilang Padi, Pertukangan Kayu, Peternakan , dan doorsmer.

Aktivitas Djumongkas dalam kehidupan sosial politik , tak terlepas dari dendam kemiskinan di masa lalu. Ia ingin  menjadi orang yang diperhitungkan dan menjadi penentu, agar keterkucilan dan ketidakberdayaan akibat kemiskinan di masa lalu impas terbayar .

Nama Djumongkas seakan bak “panglima”  di kubu SSA, saat terjadi konflik kepemimpinan di tubuh Gereja HKBP. Seorang jemaat HKBP yang berani terdepan menentang intervensi pemerintah dan militer melalui Kodam I BB. Terancam dipukul, diculik hingga ditangkap aparat tak menyurutkan nyalinya.

Begitu pula perannya di Aliansi Gerakan Reformasi Sumatera Utara (Agresu) yang turut punya andil bersama mahasiswa menggaungkan reformasi

“melambungkan” nama Djumongkas di pentas Sumatera Utara.

Bahkan ia seakan menjadi salah satu legenda bagi masyarakat Sumatera Utara , khususnya di kalangan masyarakat Batak ketika Djumongkas bersama tokoh lainnya memperjuangkan Provinsi Tapanuli untuk melepaskan tanah kelahiran dan kawasan Tapanuli dari peta kemiskinan.

 

Berbekal Dendam Kemiskinan, DJUMONGKAS HUTAGAOL DARI KULI BANGUNAN JADI DIREKSI

Berat300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 578 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja