Beranda » Pendidikan » BAGAIMANA PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE, DAN EFIKASI DIRI DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU?

BAGAIMANA PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE, DAN EFIKASI DIRI DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU?

Judul                  : BAGAIMANA PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE, DAN EFIKASI DIRI DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU?

Penulis            : Saifullah AMM., Neti Karnati, Fakhruddin Arbah

Ukuran            : 14,5 x 21 cm

Cover              : Soft Cover

 

 

SINOPSIS

 

Salah satu tugas utama guru di sekolah adalah mengajar. Mengajar pada dasarnya tidak dapat dipandang sebagai hal yang mudah dan sederhana. Pengajaran yang bermutu jika dilihat dari sudut pandang sistem adalah terdiri dari beberapa unsur yang saling terkait dan saling mempengaruhi untuk mencapai kualitas yang telah direncanakan sebelumnya. Oleh karena itu, mengajar bagi seorang guru memerlukan tanggung jawab moral yang berat dan menjadi kewajiban guru dalam menjalankan tugas profesionalnya. Guru berkewajiban merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran.

Kinerja mengajar guru adalah kualitas guru dalam melaksanakan tugas utamanya, yaitu kualitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. Kinerja guru dalam mengajar merupakan salah satu faktor penentu terwujudnya sebuah pendidikan yang baik dan kelanjutan dari dunia pendidikan di masa depan. Idealnya, guru diharapkan menjadi guru yang memiliki kemampuan untuk mewujudkan kinerja yang dapat menjalankan fungsi dan perannya secara optimal. Perwujudan fungsi dan peran guru dapat tercermin melalui keunggulannya dalam mengajar, berhubungan dengan siswa hubungan sesama profesi, dan keterampilan profesional.

Kinerja guru tidak muncul dengan sendirinya, tetapi perlu diidentifikasi, difasilitasi, dan dikembangkan dan dipertahankan dalam rangka mencapai tujuan sekolah. Oleh karena itu, kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi di lembaga sekolah, perlu mengetahui faktor-faktor penentu kinerja agar dapat mendorong dan bahkan mendongkrak kinerjanya secara maksimal. Fungsi utama kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan ialah menciptakan situasi belajar mengajar sehingga guru-guru dapat mengajar dan murid-murid dapat belajar dengan baik. Sebagai pemimpin pendidikan, kepala sekolah menghadapi tanggung jawabnya yang berat, untuk itu dia harus memiliki persiapan yang memadai.

Faktor lain yang mempengaruhi kinerja guru adalah kemampuan yang dimiliki oleh guru tersebut. Salah satu kemampuan guru yang sangat penting pada era saat ini di mana teknologi sudah semakin maju dan berkembang adalah pemanfaatan dan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu cara yang paling penting untuk memberikan dukungan terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan kerangka pikiran dalam mengintegrasikan masalah kompleks dari pengetahuan konten, pedagogi, teknologi dan berbagai bentuk unsur–unsur yang menunjang pembelajaran di dalam kelas yang dikenal dengan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Kajian buku ini berfokus untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional, Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), dan efikasi diri terhadap kinerja guru

 

 

 

BAGAIMANA PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE, DAN EFIKASI DIRI DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU?

Berat300 gram
Kondisi Baru
Dilihat 302 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait

Social Media & Marketplace
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Nurul
● online
Iva
● online
Nurul
● online
Halo, perkenalkan saya Nurul
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja